Erdogan Raih Kemenangan Referendum

Erdogan Raih Kemenangan Referendum - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meraih kemenangan dalam referendum bersejarah di hari Minggu (16/04/2017), setelah komisi pemilu mengatakan mayoritas pemilih menyokong perubahan konstitusi yang diusulkan. Dalam konferensi pers di kota terbesar negara itu, Istanbul, Erdogan mengatakan bahwa kekuatan rakyat telah membantu Turki mewujudkan perubahan konstitusional terpenting dalam sejarah negara itu.

Recep Tayyip Erdogan

Perubahan itu menyerukan penggantian sistem parlementer dengan kepresidenan eksekutif, yang memberikan kekuasaan menyeluruh bagi presiden. Komisi pemilu mengatakan bahwa dengan hampir semua suara telah dihitung, kubu yang setuju mencapai 51,4 persen sementara kubu yang menyatakan tidak adalah 48,6 persen.

Di bawah sistem baru itu, jabatan perdana menteri akan dihapuskan dan Erdogan akan dapat menunjuk menteri kabinet serta mengeluarkan dekrit darurat. Ia juga akan memiliki pengaruh atas sistem peradilan.

Partai-partai oposisi yang berkampanye menentang perubahan itu menuntut penghitungan ulang, dengan mengatakan komisi pemilu membuat keputusan ilegal untuk menghitung surat suara yang invalid sebagai valid. Partai-partai itu mengawasi terhadap tekanan meningkat dari Erdogan. Para pengamat mengatakan perkembangan di Turki menyusul perubahan konstitusi dapat membahayakan demokrasi serta mempengaruhi hubungan negara itu dengan negara-negara Eropa.

0 komentar

Posting Komentar