Instruksi PM Abe untuk Duta Besar Jepang di Korsel - HadaCircle

Rabu, April 05, 2017

Instruksi PM Abe untuk Duta Besar Jepang di Korsel

Instruksi PM Abe untuk Duta Besar Jepang di Korsel - PM Shinzo Abe menginstruksikan duta besar Jepang untuk Korsel agar memastikan ulang bahwa Korsel menjunjung tinggi perjanjian bilateral terkait hal yang disebut sebagai wanita penghibur.

Shinzo Abe

Abe bertemu Dubes Yasumasa Nagamine hari Selasa (04/04/2017). Setelah pertemuan Nagamine mengatakan kepada wartawan, sebagai Dubes Jepang untuk Korsel ia akan melakukan yang terbaik untuk menangani hal tersebut. Saat para wartawan bertanya bagaimana ia akan memberi tekanan kepada Korsel agar mematuhi perjanjian bilateral tersebut, Nagamine mengatakan akan berupaya menjadwalkan perundingan secara langsung dengan pelaksana tugas presiden, Hwang Kyo-ahn.

Pada bulan Januari Jepang memanggil pulang Dubes Yasumasa Nagamine dan Konsul Jenderal di Busan, Yasuhiro Morimoto sebagai protes atas pendirian patung yang menyimbolkan wanita penghibur di depan Konsulat Jenderal Jepang di Busan.

Menteri Luar Negeri Fumio Kishida pada hari Senin (03/04/2017) mengatakan bahwa para diplomat perlu menyiapkan diri atas pemerintahan Korsel yang baru menyusul pemilihan presiden pada awal bulan Mei mendatang. Kishida mengatakan Jepang juga perlu bekerja sama secara erat dengan Seoul untuk menangani Korut.

Jepang bersikukuh bahwa patung yang berada di Busan bertentangan dengan perjanjian bilateral tahun 2015, yang mana Korsel berjanji untuk berupaya menuntaskan masalah patung serupa yang ditempatkan di depan kedutaan Jepang di Seoul.

Kishida mengatakan bahwa penting bagi duta besar Jepang untuk secara langsung menekan PM Hwang Kyo-ahn, selaku pelaksana tugas Presiden untuk mematuhi perjanjian.

Pemeritah juga berharap para diplomat yang kembali ke Korsel untuk mengukur pergerakan politik di Korsel agar Jepang dapat bekerja sama dengan pemerintahan berikutnya guna menjunjung tinggi perjanjian tersebut.

Namun para pejabat senior kementerian luar negeri mengatakan belum ada tanda-tanda bahwa patung tersebut akan dipindahkan, dan sulit dikatakan bila pemulangan duta besar dapat menyelesaikan masalah.
Comments


EmoticonEmoticon