Jepang & ASEAN Mendorong Dirampungkannya RCEP

Jepang & ASEAN Mendorong Dirampungkannya RCEP - Para menteri dari Jepang dan ASEAN akan mendorong aturan-aturan perdagangan dengan kebebasan tinggi bagi kesepakatan perdagangan bebas regional yang diajukan.

RCEP

Menteri Ekonomi Jepang Hiroshige Seko dan mitranya dari 10 negara ASEAN bertemu di Osaka hari Sabtu (08/04/2017) ini.

Para menteri tersebut membahas kesepakatan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) yang tengah dirundingkan oleh 16 negara, termasuk Jepang, Cina, Korea Selatan, dan negara-negara ASEAN.

Para menteri tersebut mengatakan penting untuk mendorong perdagangan bebas dan menyebarluaskannya dari Asia di tengah berkembangnya langkah proteksionisme di seluruh dunia.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan setelah pertemuan itu, para menteri tersebut menyatakan mereka akan mengupayakan kesimpulan awal dari perundingan RCEP.

Mereka juga sepakat bahwa aturan-aturan perdagangan, seperti prosedur bea cukai dan perlindungan hak cipta harus memiliki kebebasan tinggi. Negara-negara seperti Cina dan India mewaspadai tingkat kebebasan yang tinggi. Keduanya ingin melindungi industri manufaktur mereka. Sementara Jepang menargetkan kebebasan perdagangan lebih jauh dengan dukungan dari ASEAN.

Seko mengatakan perjanjian antara Jepang dan ASEAN menguntungkan bagi kedua pihak karena Jepang ingin sebuah kesepakatan yang dipikirkan masak-masak dan ASEAN tengah menargetkan untuk segera merampungkan RCEP. Menurutnya para menteri tersebut telah mengirimkan pesan positif guna mempromosikan perdagangan bebas secara global.

0 komentar

Posting Komentar