Jepang dan AS Desak Cina Berperan dalam Menangani Korut

Jepang dan AS Desak Cina Berperan dalam Menangani Korut - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Wakil Presiden AS Mike Pence menyepakati pentingnya peran Cina dalam menangani peningkatan ancaman dari Korea Utara. Pence tiba di Jepang pada Selasa (18/04/2017) ini setelah berkunjung ke Korea Selatan.

Shinzo Abe

Abe mengungkapkan harapan untuk menunjukkan kekuatan persekutuan Jepang-AS pada masa ketika Korea Utara meningkatkan ancaman. Ia juga menegaskan pentingnya menekan Korea Utara agar menyetujui untuk menggelar dialog yang serius. Pence dalam tanggapannya menyatakan bahwa AS berkomitmen untuk bekerja erat dengan Jepang dan sekutu lainnya guna menciptakan perdamaian dan stabilitas di kawasan. Ia menambahkan bahwa AS 100 persen bersama Jepang.

Abe dan Pence menegaskan ulang pentingnya untuk memperkuat hubungan bilateral melalui kerja sama ekonomi dan keamanan yang erat. Mereka juga sepakat atas pentingnya untuk mendesak Cina agar menggunakan pengaruhnya atas Korea Utara mengingat ancaman dari Korea Utara telah mencapai tingkat baru. Sebagai tambahan, Abe dan Pence sepakat untuk menggelar pertemuan yang disebut "2+2" antara menteri luar negeri dan pertahanan kedua negara dalam waktu cepat.

0 komentar

Posting Komentar