Jepang Sambut Sikap Keras AS Terhadap Korea Utara - HadaCircle

Jumat, April 07, 2017

Jepang Sambut Sikap Keras AS Terhadap Korea Utara

Jepang Sambut Sikap Keras AS Terhadap Korea Utara - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe kepada Presiden AS Donald Trump menyatakan penghargaannya atas posisi AS untuk tetap membuka semua opsi dalam menangani Korea Utara.

Shinzo Abe

Kedua pemimpin tersebut menggelar pembicaraan melalui telepon selama sekitar setengah jam pada Kamis (06/04/2017) pagi, sehari setelah Korea Utara meluncurkan sebuah rudal balistik. Dalam pembicaraan tersebut Abe mengecam peluncuran dan menyampaikan penghargaannya atas posisi pemerintahan Trump yang tidak menyampingkan aksi militer guna merespons Pyongyang. Abe mengatakan di balik komitmen tegas dari AS tersebut, Jepang akan bersikukuh untuk mendorong Pyongyang agar menahan diri dari provokasi lanjutan dan mematuhi resolusi Dewan Keamanan PBB.

Sementara Trump dalam kesempatan itu menegaskan kembali komitmen keamanan AS terhadap Jepang dan mengatakan negaranya berada di belakang Jepang dan Korea Selatan selaku sekutu Asianya.

Kedua pemimpin itu juga sepakat bahwa penghentian impor batu bara dari Korea Utara yang dilakukan Cina hingga akhir tahun ini tidak mencukupi untuk menghentikan pengembangan rudal dan nuklir negara itu. Trump berjanji untuk menyampaikan kepada Presiden Cina Xi Jinping dalam pertemuan puncak mendatang agar lebih mengendalikan Pyongyang.
Comments


EmoticonEmoticon