Kapal Cina Sempat Masuki Perairan Jepang

Kapal Cina Sempat Masuki Perairan Jepang - Pasukan Penjaga Pantai Jepang menyatakan bahwa pada hari Senin (10/04/2017) empat kapal patroli Cina sempat memasuki wilayah perairan teritorial Jepang di dekat Kepulauan Senkaku di Laut Cina Timur.

China Flag

Para petugas penjaga pantai mengungkapkan bahwa pelanggaran itu terjadi di lepas pantai Pulau Uotsuri pada sekitar pukul 10.30 pagi. Dikatakan bahwa kapal-kapal tersebut berada di perairan itu selama sekitar satu setengah jam sebelum kemudian berlayar ke zona perbatasan tepat di luar perairan teritorial Jepang. Para petugas memperingatkan kapal-kapal itu agar menjauh dari perairan tersebut.

Ini merupakan hari ke-9 dalam tahun ini kapal-kapal patroli Cina memasuki perairan lepas pantai Kepulauan Senkaku. Pelanggaran sebelumnya terjadi pada 28 Maret lalu.

Jepang menguasai pulau-pulau tersebut. Pemerintah Jepang mempertahankan sikap bahwa kepulauan itu merupakan bagian tak terpisahkan dari wilayah teritorial Jepang, sementara Cina dan Taiwan mengklaimnya.

0 komentar

Posting Komentar