Kampanye Pemilu Presiden Korsel Resmi Dimulai

Kampanye Pemilu Presiden Korsel Resmi Dimulai - Kampanye resmi bagi pemilu presiden Korea Selatan dimulai pada hari Senin (17/04/2017). Dua kandidat utama adalah Moon Jae-in dari partai terbesar Partai Demokratik dan Ahn Cheol-soo dari Partai Rakyat yang berhaluan tengah.

Pemilu Korsel

Pemilu tersebut awalnya dijadwalkan berlangsung bulan Desember namun dimajukan menjadi tanggal 9 Mei menyusul pemberhentian mantan presiden Park Geun-hye. Sebanyak 15 kandidat bersaing memperebutkan jabatan tertinggi di negara itu.

Moon Jae-in, mantan pemimpin Partai Demokratik yang beraliran liberal, menyampaikan pidato kampanye pertamanya di kota Daegu, bagian selatan negara itu, yang merupakan kampung halaman mantan presiden Park. Moon mengatakan bahwa sebagian pemilih mengungkapkan kekhawatiran atas keamanan nasional, namun seluruh konflik dengan Korea Utara terjadi di bawah pemerintahan konservatif. Moon menyatakan akan melindungi kehidupan rakyat.

Mantan pemimpin bersama Partai Rakyat, Ahn Cheol-soo, mengunjungi pusat layanan lalu lintas laut di Incheon di hari pertama kampanye. Ia mengatakan bahwa tiga tahun telah berlalu sejak bencana kapal feri Sewol yang mengakibatkan 295 korban jiwa. Ahn menekankan bahwa dirinya akan membangun negara yang menempatkan kehidupan dan keselamatan rakyat sebagai prioritas utama.

Jajak pendapat terkini atas kandidat resmi dari lima partai politik menunjukkan bahwa Moon memimpin dengan perolehan dukungan 40 persen, Ahn 37 persen, dan Hong Joon-pyo dari Partai Kebebasan Korea yang konservatif dengan 7 persen. Ahn dengan cepat memperkecil perbedaan dukungan dengan Moon yang awalnya memimpin jauh.

0 komentar

Posting Komentar