Menhan AS Waspadai Ancaman Nuklir dan Rudal Korut

Menhan AS Waspadai Ancaman Nuklir dan Rudal Korut - Menteri Pertahanan AS Jim Mattis menyatakan pengembangan nuklir dan rudal Korea Utara harus dihentikan.

James Mattis

Pada konferensi pers di London pada hari Jumat (31/03/2017), Mattis mengungkapkan kewaspadaannya atas perkembangan teknologi Korea Utara, dengan menyatakan bahwa ini ukan hanya ancaman dalam bentuk retorika, namun juga kemampuan nya yang berkembang.

Mattis menyampaikan AS akan bekerja sama dengan sekutu-sekutu dan lainnya serta menyelesaikan situasi ini secara diplomatik melalui PBB. Tetapi dirinya menambahkan bahwa Korea Utara nampaknya menjadi semakin ceroboh dan ini harus dihentikan.

Korea Utara berulang kali melakukan uji coba rudal balistiknya pada bulan Maret. Gambar-gambar satelit terbaru menunjukkan aktivitas manusia dan logistik yang mengindikasikan bahwa sedang dilakukan persiapan bagi uji coba nuklir yang baru di sebuah lokasi di bagian timur laut negara itu.

Sekelompok peneliti AS menyatakan kegiatan tersebut berhenti pada beberapa hari terakhir, yang mengindikasikan bahwa mereka kini siap melakukan uji coba yang berikutnya.

Sementara itu, seorang pejabat pemerintah AS berbicara pada NHK bahwa AS meyakini Korea Utara kini mampu melaksanakan uji coba nuklir. Pihak militer AS tetap dalam siaga tinggi.

0 komentar

Posting Komentar