Mengapa Pemerintahan Trump Serang Suriah - HadaCircle

Jumat, April 07, 2017

Mengapa Pemerintahan Trump Serang Suriah

Mengapa Pemerintahan Trump Serang Suriah - Dalam Tinjauan hari ini, Komentator Politik Senior NHK World Masayo Nakajima berbicara mengenai serangan militer AS terhadap pasukan pemerintah Suriah dan sasaran Presiden Donald Trump.

Donald J Trump

Menurut Nakajima, dalam jumpa pers sehari sebelumnya, Presiden Donald Trump mengecam penggunaan senjata kimia oleh pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad sebagai tidak berperikemanusiaan dan tidak dapat ditoleransi. Pemerintahan Trump melancarkan aksi militer tersebut segera setelah Trump mengisyaratkan sikap yang lebih keras terhadap Suriah. Dengan cara ini, pemerintah AS mencoba menunjukkan kepada pemerintahan Assad dan masyarakat internasional bahwa AS akan bertindak dengan jelas, cepat, dan tegas dalam isu-isu yang tidak dapat ditoleransi AS.

Pemerintahan Trump juga khawatir mengenai situasi perang di Suriah. Kubu anti-pemerintah yang didukung AS menderita kekalahan dan AS juga kehilangan daya tawar. Pemerintahan AS khawatir bahwa Rusia, pemerintahan Assad yang didukung Rusia, serta sekutu Suriah, Iran, akan mengambil inisiatif di Suriah. Nakajima yakin pemerintahan Trump melaksanakan serangan militer terhadap Suriah, sebagiannya dengan harapan untuk kembali mengambil inisiatif dalam perang melawan militan-militan IS.

Mengenai Rusia, Nakajima berpendapat Rusia terkejut dengan serangan AS itu. Rusia membantah bahwa pemerintahan Assad yang bersalah dalam serangan zat kimia tersebut. Rusia juga sebelumnya berharap memperbaiki hubungan bilateral dengan AS, yang memburuk di bawah pemerintahan Obama. Presiden Vladimir Putin kini berada dalam posisi yang sulit terkait kebijakannya terhadap AS.

Selain itu, AS menjalankan serangan militer terhadap Suriah tersebut di tengah-tengah pertemuan puncak antara Presiden Trump dan Presiden Cina Xi Jinping. Diperkirakan pusat perhatian utama perundingan mereka adalah Korea Utara serta pengembangan nuklir dan rudalnya. Sebelum kunjungan Xi, Trump mengindikasikan bahwa jika Cina tidak menggunakan pengaruhnya terhadap Korea Utara untuk membendung negara itu, AS bersiap mengambil tindakan sendiri. Dengan melancarkan serangan militer terhadap Suriah di tengah perundingan bilateral dengan Cina, pemerintahan Trump menunjukkan bahwa aksi militer juga adalah satu pilihan terhadap Korea Utara. Hal ini tentu memberi tekanan yang sangat besar pada Presiden Xi.
Comments


EmoticonEmoticon