Nakai - HadaCircle

Rabu, April 19, 2017

Nakai

Nakai - Istilah Bahasa Jepang "Nakai"

Pernahkah Anda melihat wanita-wanita mengenakan kimono menyiapkan makanan atau menyambut kunjungan Anda di ryokan (penginapan tradisional) atau restoran bergaya Jepang? Merekalah yang dinamakan nakai.

Apa itu “Nakai”?

Nakai  
Pernahkah Anda melihat wanita-wanita mengenakan kimono menyiapkan makanan atau menyambut kunjungan Anda di ryokan (penginapan tradisional) atau restoran bergaya Jepang? Nakai adalah istilah yang merujuk pada orang yang bertugas melayani pelanggan di penginapan atau restoran.

Profesi nakai banyak digeluti oleh wanita, tetapi ada juga pria yang menjalaninya. Di depan para tamu profesi nakai terlihat sarat kelembutan dan keramahtamahan. Namun, di balik itu dibutuhkan pula stamina dan mental yang kuat.

Tugas Nakai

Nakai

Tugas nakai adalah tugas yang penting karena mewakili citra “omotenashi” atau keramahtamahan ala Jepang yang dibanggakan kepada dunia. Tingkat kepuasan pelanggan sangat ditentukan oleh baik-buruknya pelayanan nakai. Maka tak heran jika keahlian nakai sangat dibutuhkan di penginapan-penginapan kelas atas. Berikut adalah gambaran pekerjaan nakai di sebuah ryokan dalam sehari.

Pekerjaan nakai dimulai dari menyiapkan sarapan. Saat ini, nakai pada umumnya tinggal di luar ryokan. Mereka berangkat dan pulang setiap hari sebagaimana orang bekerja pada umumnya. Namun, ada juga nakai yang tinggal di ryokan. Setelah sarapan usai dan semua peralatan makan dirapikan, nakai kemudian mengantarkan tamu yang hendak meninggalkan ryokan.

Selanjutnya Nakai bertugas merapikan kamar yang ditinggalkan tamu dan beristirahat sejenak sebelum bersiap menerima tamu berikutnya. Nakai menyiapkan kamar untuk tamu yang akan menginap berikutnya dengan menyediakan “layanan selamat datang” berupa teh dan kudapan. Saat tamu tiba, nakai menyambutnya dengan senyum ramah. Nakai kemudian menyajikan teh untuk tamu, setelah mengantarkannya ke kamar. Nakai lalu memberikan informasi singkat kepada tamu tentang ryokan tempat ia menginap dan objek-objek wisata yang dapat ia kunjungi. Setelah itu, nakai menyiapkan dan menyajikan makan malam.

Banyak di antara tamu ryokan yang lebih menyukai makan malam di kamar mereka. Dalam hal ini nakai mesti memperhatikan keinginan masing-masing tamu, misalnya apakah makan malam ingin diantar lebih cepat atau lebih lambat. Setelah makan malam usai dan semua peralatan makan telah dirapikan, nakai kemudian menyiapkan futon (alas tidur) untuk tamu. Ini biasanya dilakukan saat tamu sedang ke onsen (tempat pemandian air panas).
Setelah memastikan semua persiapan untuk istirahat tamu selesai, maka tuntas sudah pekerjaan nakai dalam satu hari.

Untuk melayani beberapa kamar atau beberapa tamu sekaligus, nakai bekerja sama dengan pekerja ryokan yang lain. Dalam hal inilah stamina fisik dan energi menjadi sangat penting.

Nakai pada dasarnya bertugas sebagai pembantu Okami (wanita pengurus ryokan). Oleh karena keramahtamahan dan kesigapan pelayanan mereka itulah, para tamu dapat menikmati kenyamanan ryokan dengan fasilitas makanan yang lezat dan onsen yang hangat.

Jika Ingin Bertemu Nakai

Nakai

Jika Anda ingin merasakan keramahtamahan “omotenashi” nakai, kami rekomendasikan untuk memilih menginap di ryokan ketimbang di hotel konvensional. Jika Anda melakukan perjalanan ke daerah yang terkenal dengan onsen-nya, biasanya terdapat ryokan menarik di sekitarnya. Jika Anda dari Tokyo, Onsen Hakone di Perfektur Kanagawa atau Onsen Kinugawa di Perfektur Tochigi dapat menjadi pilihan. Keduanya dapat dijangkau menggunakan kereta api dalam waktu satu setengah hingga dua jam perjalanan. Jadi, sembari menikmati kehangatan onsen dan keindahan pemandangan, silakan merasakan keramahtamahan nakai.

Jika Anda ingin bertemu nakai tapi tidak sempat menginap di ryokan, Anda bisa datang ke restoran bergaya Jepang yang sedikit formal. Namun jangan khawatir, Anda tidak perlu datang ke restoran kelas atas. Anda cukup datang ke restoran bergaya Jepang yang ada di lantai atas pusat-pusat perbelanjaan. Nakai lengkap dengan pakaian khas-nya akan melayani segala kebutuhan makan Anda dengan segala keramahtamahannya.


Jepang adalah tempat yang tepat untuk merasakan “omotenashi” dan pelayanan prima terhadap tamu. Maka, jangan ragu mencari pelayanan terbaik dalam perjalanan wisata Anda.



matcha-jp.com
Comments


EmoticonEmoticon