Negara Terkait Waspada akan Pertanda dari Korut - HadaCircle

Selasa, April 11, 2017

Negara Terkait Waspada akan Pertanda dari Korut

Negara Terkait Waspada akan Pertanda dari Korut - Negara-negara terkait berstatus waspada karena adanya pertanda bahwa Korea Utara mungkin akan mengadakan uji nuklir lain atau meluncurkan rudal dalam bulan ini, saat negara itu berencana untuk memperingati serangkaian peristiwa. Korea Utara telah berulang kali mengambil tindakan provokatif pada peringatan serupa.

Kim Jong-un

Pada hari Selasa (11/04/2017), negara itu akan merayakan 5 tahun peringatan pemimpin Kim Jong Un menduduki jabatan puncak Partai Pekerja yang berkuasa. Korea Utara juga akan memperingati 105 tahun kelahiran mendiang pendiri negara itu Kim Il Sung pada hari Sabtu, serta 85 tahun peringatan pendirian Tentara Rakyat Korea pada tanggal 25 April.

Tahun lalu, Korea Utara mengadakan peluncuran pertama rudal balistik jarak menengah Musudan pada hari kelahiran Kim Il Sung. Pyongyang juga melaksanakan uji nuklir kelima pada Hari Pendirian Negara di bulan September, dan mengatakan itu adalah uji ledak pertama dari hulu ledak nuklir.

Secara keseluruhan, Korea Utara telah mengadakan 2 uji nuklir dan meluncurkan lebih dari 20 rudal balistik tahun lalu. Negara itu telah meluncurkan 7 rudal balistik tahun ini. Citra satelit yang diambil baru-baru ini menunjukkan kegiatan yang berlanjut di Punggye-ri, yaitu lokasi uji nuklir di timur laut negara itu. Ini merupakan indikasi bahwa persiapan tengah berlangsung bagi uji nuklir lainnya.

Para analis mengatakan Korea Utara bisa jadi mempertimbangkan uji semacam itu guna semakin memperkuat otoritas Kim, serta meningkatkan kewibawaan negara itu. Bisa juga hal itu dilakukan untuk menghadapi pemerintahan Presiden Amerika Serikat Donald Trump, yang mengatakan tidak akan mengesampingkan penggunaan kekuatan terhadap Korea Utara.
Comments


EmoticonEmoticon