Proyeksi ADB atas Perekonomian Asia Pasifik - HadaCircle

Jumat, April 07, 2017

Proyeksi ADB atas Perekonomian Asia Pasifik

Proyeksi ADB atas Perekonomian Asia Pasifik - Bank Pembangunan Asia (ADB) memperkirakan perekonomian Asia Pasifik sedikit melambat tahun ini akibat naiknya risiko global serta pertumbuhan Cina yang lebih lambat.

Asian Development Bank

ADB merilis proyeksinya atas 45 negara di kawasan itu, termasuk Jepang, Australia dan beberapa negara maju lainnya. Bank tersebut memperkirakan pertumbuhan 5,7 persen untuk tahun 2017, turun 0,1 poin persen dari tahun lalu. Perekonomian kawasan tersebut melambat selama tiga tahun berturut-turut hingga 2016.

ADB menyatakan bahwa perlambatan ekonomi Cina masih akan berlanjut di tengah berlangsungnya reformasi struktural. ADB memperkirakan pertumbuhan sebesar 6,5 persen untuk tahun ini. Cina tengah mencoba menggeser fokusnya dari bidang manufaktur dan lebih memperhatikan bidang layanan.

India diperkirakan akan tumbuh 7,4 persen di tahun fiskal 2017 dan 7,6 persen di tahun 2018. ADB meyakini bahwa konsumsi yang lebih kuat serta refromasi fiskal akan meningkatkan prospek negara itu.

ADB juga menyebutkan kemungkinan risiko bahwa tingkat suku bunga Amerika Serikat yang lebih tinggi akan mempercepat aliran modal keluar dari kawasan Asia Pasifik.
Comments


EmoticonEmoticon