Presiden AS dan Cina Upayakan "Rencana 100 Hari" - HadaCircle

Minggu, April 09, 2017

Presiden AS dan Cina Upayakan "Rencana 100 Hari"

Presiden AS dan Cina Upayakan "Rencana 100 Hari" - Presiden AS Donald Trump dan mitranya dari Cina Xi Jinping sepakat mengupayakan sebuah "rencana 100 hari" yang bertujuan untuk mengurangi defisit perdagangan AS terhadap Cina.

Trump - Xi Jinping

Kedua pemimpin itu mengadakan pertemuan puncak pertama mereka di tempat peristirahatan Mar-a-Lago milik Trump di negara bagian Florida, negara bagian di AS selatan, pada hari Kamis (06/04/2017) dan Jumat (07/04/2017). Trump menyatakan ia sangat khawatir karena kebijakan ekonomi dan perdagangan Cina mengancam lapangan kerja dan ekspor AS.

Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross menghadiri pertemuan tersebut. Ia kemudian berbicara pada wartawan bahwa Trump menyetujui "rencana 100 hari" guna mengoreksi ketidakseimbangan perdagangan. Di dalamnya termasuk meningkatkan ekspor AS ke Cina.

Trump dan Xi juga sepakat menjalankan "Dialog Komprehensif AS-Cina", yang akan menggantikan Dialog Strategis dan Ekonomis. Kedua presiden akan mengawasi kerangka kerja baru tersebut. Kerangka ini dirancang mencakup 4 bidang, termasuk "penegakan hukum dan keamanan siber" serta "perekonomian".

Terkait Korea Utara, kedua presiden menegaskan kembali mereka akan meningkatkan kerja sama untuk sepenuhnya menerapkan resolusi-resolusi DK PBB terhadap negara tersebut. Pyongyang berulang kali melakukan aksi provokatif, termasuk peluncuran sebuah rudal balistik beberapa hari menjelang pertemuan puncak itu. Trump menyampaikan pada Xi bahwa AS akan mengambil langkah unilateral jika Cina menolak untuk mempertegas sanksi terhadap Korea Utara.

Sementara terkait aktivitas maritim Cina di Laut Cina Timur dan Selatan, Trump menekankan pentingnya mematuhi hukum internasional.

Setelah pertemuan puncak itu, Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengadakan jumpa pers. Dirinya mengatakan, Trump menyampaikan pada Xi menjelang akhir makan malam mereka hari Kamis bahwa AS telah meluncurkan rudal-rudal jelajah atas sebuah pangkalan udara pemerintah Suriah sebagai tanggapan terhadap penggunaan senjata kimia oleh Suriah.Tillerson mengatakan Xi menyampaikan pada Trump bahwa ia memahami reaksi AS, melihat kematian anak-anak.
Comments


EmoticonEmoticon