Prospek Ekonomi India - HadaCircle

Kamis, April 20, 2017

Prospek Ekonomi India

Prospek Ekonomi India - Bursa saham patokan India Nifty 50 mencatat rekor tertinggi pada 5 April lalu. Kenaikan ini terjadi hanya beberapa bulan setelah kekisruhan yang disebabkan oleh penghapusan mendadak atas uang pecahan 500 dan 1.000 rupee pada akhir tahun lalu.

Ekonomi India

Dalam Tinjauan kali ini Dr. Rajiv Kumar, Peneliti Senior di Pusat Riset Kebijakan di New Delhi, memberikan analisisnya tentang mengapa harga-harga saham naik.

Rajiv Kumar mengatakan alasan pertamanya adalah situasi makro ekonomi yang di dalamnya termasuk inflasi, cadangan devisa, neraca perdagangan dan fiskal berjalan dalam kondisi yang sangat kuat. Alasan kedua adalah bahwa partai berkuasa memenangkan banyak kursi dalam pemilihan majelis baru-baru ini di lima negara bagian. Para investor meyakini bahwa stabilitas politik dan reformasi ekonomi akan berjalan semakin baik. Alasan ketiga adalah sikap para investor luar negeri yang meyakini bahwa Perdana Menteri Narendra Modi akan berupaya untuk mengatasi tiga masalah ekonomi yang besar yaitu minimnya tata kelola pemerintahan, infrastruktur yang buruk serta tingkat pendidikan yang rendah.

Konsumsi melemah antara November dan pertengahan Desember, tetapi permintaan mulai pulih setelah uang pecahan baru mulai beredar. Penjualan mobil mulai meningkat pada bulan Januari. Transaksi non-tunai mulai populer dan digitalisasi transaksi yang melibatkan aplikasi telepon pintar meningkat dalam kecepatan yang mengejutkan. Awal pekan ini lembaga keuangan internasional IMF merilis proyeksinya yang menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi India akan mencapai 7,2 persen di antara tahun 2017 dan 2018.

Rajiv Kumar mengatakan sangat optimistis atas perekonomian India. Kebijakan-kebijakan yang diterapkan diperkirakan akan membuahkan hasil dalam dua dekade mendatang. Termasuk di antaranya adalah pemberlakuan Pajak Layanan dan Barang serta UU Kebangkrutan dan Kondisi Kemampuan Membayar. Rajiv Kumar juga memiliki harapan tinggi atas inisiatif "Digital India" yang ditujukan untuk menghubungkan setiap desa dengan jaringan serat optik agar sistem identifikasi individu bisa digunakan di seluruh negeri. Inisiatif tersebut diperkirakan akan memberikan dorongan lebih jauh bagi perekonomian.

Satu-satunya tantangan adalah tingkat pengangguran. Anak-anak muda sangat ambisius dan mencari pekerjaan yang lebih baik. Jika India bisa sepenuhnya memanfaatkan produktivitas golongan tersebut, maka akan menguntungkan bagi negara, kata Rajiv Kumar.
Comments


EmoticonEmoticon