Perintah Eksekutif Terbaru Trump Targetkan Mitra Dagang - HadaCircle

Sabtu, April 01, 2017

Perintah Eksekutif Terbaru Trump Targetkan Mitra Dagang

Perintah Eksekutif Terbaru Trump Targetkan Mitra Dagang - Presiden AS Donald Trump menandatangani perintah eksekutif yang menarget praktik tidak adil yang dilakukan mitra-mitra dagang AS.

Donald J Trump

Perintah yang ditandatangani di Gedung Putih hari Jumat (31/03/2017) mewajibkan Kementerian Perdagangan dan Perwakilan Perdagangan AS untuk menyusun sebuah laporan dalam jangka waktu 90 hari atas alasan defisit perdagangan. Pemerintahan Trump akan memutuskan langkah apa yang akan diambil berdasarkan kesimpulan dari laporan tersebut.

Perintah itu memperjelas bahwa Trump berniat memberikan tekanan pada Cina, karena defisit perdagangan dengan Cina mengisi sekitar separuh dari total defisit AS.

Sebelum menandatangani perintah itu, Trump menyebut apa yang terjadi pada perusahaan dan lapangan kerja AS sangat buruk. Ia menyatakan pemerintahannya akan mengubah hal ini secepatnya.

Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross mengatakan AS memberikan bea masuk yang paling rendah dan hambatan non-tarif yang paling sedikit dibandingkan negara maju lainnya. Ia menyampaikan bahwa negara-negara lain membahas perdagangan bebas, tetapi mereka sebenarnya jauh lebih proteksionis dari AS.

Para pengamat menyatakan AS kemungkinan meminta Jepang untuk semakin membuka pasar pertanian dan otomotif pada pertemuan ekonomi bilateral yang dijadwalkan berlangsung pada pertengahan April.

Seorang sumber dari pemerintah Jepang menyatakan Jepang memberikan bea masuk rendah dan sedikit hambatan non-tarif, dan investasi langsung Jepang selama ini berkontribusi bagi penciptaan lapangan kerja di AS. Ia menyatakan bahwa perdagangan Jepang sejalan dengan peraturan yang adil, dan negaranya akan menanggapi perintah eksekutif itu dengan kepala dingin.
Comments


EmoticonEmoticon