Pertarungan Pemilu Presiden Korsel Semakin Ketat - HadaCircle

Selasa, April 11, 2017

Pertarungan Pemilu Presiden Korsel Semakin Ketat

Pertarungan Pemilu Presiden Korsel Semakin Ketat - Jajak pendapat baru-baru ini oleh stasiun televisi Korea Selatan mengindikasikan bahwa pertarungan pemilu presiden menjadi lebih ketat, dengan mantan pemimpin bersama Partai Rakyat yang berhaluan tengah berada di puncak untuk pertama kalinya. Pemilihan presiden Korea Selatan dijadwalkan berlangsung 9 Mei menyusul pemberhentian Presiden Park Geun-hye.

Ahn Cheol-soo
Ahn Cheol-soo

Moon Jae-in
Moon Jae-in

Televisi publik Korea Selatan, KBS, melaporkan hasil jajak pendapat itu pada hari Minggu (09/04/2017). Jajak pendapat itu menunjukkan bahwa mantan pemimpin bersama Partai Rakyat yaitu Ahn Cheol-soo, memimpin dengan 36,8 persen, sementara mantan pemimpin Partai Demokratik yang terbesar, Moon Jae-in, menyusul dengan 32,7 persen. Ini adalah pertama kalinya Ahn memimpin dalam jajak pendapat.

Survei lain yang dilakukan oleh organisasi jajak pendapat opini Korea Selatan yaitu Realmeter, menunjukkan Moon unggul dari Ahn sebanyak 5 poin. Para pengamat mengatakan Ahn mendapatkan momentum karena pendirian tegasnya terhadap Korea Utara. Ahn berkeras bahwa Korea Selatan harus menerapkan sanksi lebih ketat terhadap Korea Utara, berdasarkan aliansinya dengan Amerika Serikat, sementara Moon menyerukan pendirian konsiliatif terhadap Korea Utara.
Comments


EmoticonEmoticon