Putaran Pertama Pembahasan Larangan Senjata Nuklir Ditutup - HadaCircle

Sabtu, April 01, 2017

Putaran Pertama Pembahasan Larangan Senjata Nuklir Ditutup

Putaran Pertama Pembahasan Larangan Senjata Nuklir Ditutup - Perwakilan dari 115 negara merampungkan putaran pertama pembahasan sebuah usulan pakta internasional untuk melarang senjata nuklir.

PBB

Pertemuan 5 hari tersebut berakhir hari Jumat (31/03/2017) di markas PBB di New York. Pertemuan diadakan menyusul pengesahan sebuah resolusi pada Sidang Umum PBB bulan Desember lalu.

Negara-negara non nuklir seperti Austria memimpin upaya pengesahannya.

Perundingan putaranberikutnya dijadwalkan berlangsung pada pertengahan bulan Juni hingga awal bulan Juli.

Duta Besar Kosta Rika Elayne Whyte Gomez mengepalai pertemuan tersebut. Ia menyatakan telah dilakukan pembahasan konstruktif mengenai batasan, kerangka kerja hukum, dan cara-cara untuk melarang persenjataan nuklir. Ditambahkannya bahwa para delegasi memasang target untuk mengesahkan sebuah rancangan pakta hingga tanggal 7 Juli, yakni batas akhir bagi perundingan berikutnya.

Sebuah pernyataan PBB menyebutkan pembahasan kali ini adalah mengenai cara membuat senjata nuklir menjadi ilegal. Ditambahkan bahwa perihal proses penghapusan akan diputuskan pada perundingan berikutnya.

Negara-negara bersenjata nuklir seperti AS dan Rusia tidak ikut berpartisipasi dalam perundingan.

Jepang, sebagai satu-satunya negara yang pernah mengalami pengebomatoman, juga tidak hadir, dengan menyampaikan bahwa pelucutan nuklir harus menjadi proses bertahap yang melibatkan negara-negara berjenjata nuklir.
Comments


EmoticonEmoticon