Pelaksanaan UNBK di SMKN 1 Selong tak Luput dari Kesalahan Sistem

Pelaksanaan UNBK di SMKN 1 Selong tak Luput dari Kesalahan Sistem - Selong, 6 April 2017 (11:14 AM) - Pelaksanaan UNBK di SMKN 1 Selong tahun 2017 ini merupakan pelaksanaan UNBK kedua setelah pertama kalinya di tahun 2016. Ujian Nasional Berbasis Komputer atau dikenal pula dengan “Paperless Exam” adalah ujian dengan media elektronik berupa data digital sehingga tidak memerlukan kertas. Merupakan program pemerintah untuk efektifitas dalam meminimalisir kecurangan juga efisiensi pengurangan penggunaan sumber daya alam (kayu).

UNBK

Disamping efektifitas dan keefisiensiannya, pelaksanaan UNBK dinilai masih perlu banyak pembenahan, misalnya pelatihan tenaga IT, menambah sosialisasi dan training bagi siswa dan semua panitia, juga standarisasi perangkat komputer dan periferal. Lebih khusus lagi di SMKN 1 Selong, terjadi pula beberapa insiden kesalahan sistem, seperti jumlah soal yang ditampilkan tidak lengkap, proses login susah dan lama, sistem komputer berjalan lamban, mouse dan keyboard error, dsb, seperti yang diungkapkan salah satu peserta UNBK,

Baiq Desi Nurmayani :

“... tadi sempet adalah masalah, soal ujian kurang. Seharusnya 40 tapi yang tampil cuma 8, jadi harus ikut ujian susulan.”

UNBK di SMKN 1 Selong berlangsung dari Senin sampai Kamis (6 April). Beberapa siswa juga menemukan kendala seperti halnya Baiq Rima Ardianti

“... susah loginnya tadi, diklik sampe 5 menit belum bisa login terus tanya admin udah dicoba tapi katanya tunggu, 10 menit baru bisa login”. Demikian tuturnya.

0 komentar

Posting Komentar