9 dari 11 Perintah Evakuasi di Fukushima Telah Dicabut - HadaCircle

Sabtu, April 01, 2017

9 dari 11 Perintah Evakuasi di Fukushima Telah Dicabut

9 dari 11 Perintah Evakuasi di Fukushima Telah Dicabut - Pemerintah Jepang mencabut perintah evakuasi bagi sebagian besar wilayah Kota Tomioka, Provinsi Fukushima. Perintah itu dikeluarkan pasca kecelakaan nuklir PLTN Fukushima di tahun 2011.

HadaCircle

Perintah bagi Kota Tomioka dicabut pada hari Sabtu (01/04/2017) dini hari bagi seluruh wilayah, kecuali zona-zona dilarang masuk karena tingkat radiasi yang tinggi.

Kota Tomioka menjadi pemda ke-9 yang perintah evakuasinya dicabut. Perintah ini pada awalnya diberlakukan di 11 pemda di provinsi tersebut.

Pemerintah juga mencabut perintah evakuasi bagi beberapa wilayah di Kota Kawamata, Kota Namie, dan Desa Iitate pada Jumat (31/03/2017) dini hari. Kini perintah evakuasi pemerintah masih berlaku di wilayah seluas 369 kilometer persegi, yakni sepertiga luas awal. Sekitar 9.500 warga Tomioka kini diizikan kembali ke rumah masing-masing.

Tetapi dalam sebuah survei yang dilakukan Badan Rekonstruksi dan institusi lainnya tahun lalu, hanya 16 persen penduduk Tomioka yang ingin kembali ke kota asalnya.

Pemerintah kota membuka sebuah pusat perbelanjaan dan sebuah fasilitas medis sebelum dicabutnya perintah evakuasi itu.

Kota tersebut akan menghadapi tantangan di masa mendatang, yakni menghidupkan kembali industri, mendekontaminasi zona-zona dilarang masuk, dan terus menyediakan bantuan bagi para warga yang tinggal di luar kota tersebut.
Comments


EmoticonEmoticon