Resep Ayam Teriyaki Rendah Garam - HadaCircle

2 Mei 2017

Resep Ayam Teriyaki Rendah Garam

Cara Membuat Ayam Teriyaki Rendah Garam - Dalam serial dua bagian ini, kami akan menyajikan resep makanan yang sehat guna mencegah penyakit yang terkait dengan gaya hidup. Untuk episode pertama adalah resep rendah garam guna mengontrol tekanan darah tinggi. Kami pernah menyajikan hidangan 'Ayam Teriyaki' pada program terdahulu. Kali ini kami akan menunjukkan cara membuat hidangan ayam yang enak ini dengan mengurangi jumlah garamnya.

Ayam Teriyaki

Kami akan menyajikan seri resep makanan sehat untuk mencegah penyakit akibat gaya hidup. Di episode pertama kami sajikan makanan rendah garam guna mengontrol tekanan darah tinggi. Kami akan mengajarkan cara memasak "ayam teriyaki" dengan mengurangi kadar garam setengah dari resep yang pernah kami sampaikan dulu.

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

  • 500 gram atau dua paha ayam tanpa tulang (beserta kulit)
  • Tepung kentang secukupnya
  • 1 sendok makan minyak goreng
  • 50ml jus apel
  • 1 1/3 sendok makan kecap asin Jepang atau shoyu
  • 2 sendok teh gula
  • 1 sendok teh cuka
  • 5 gram jahe

Ayam Teriyaki

Cara Memasak Ayam Teriyaki Rendah Garam


  • Letakkan paha ayam di atas talenan. Potong setiap paha ayam menjadi dua bagian sehingga menjadi total empat filet.
  • Untuk mendapatkan filet dengan ketebalan yang sama, iris dari bagian tengah ayam yang tebal ke arah sisi. Buka potongan sehingga permukaan filet menjadi dua kali lipat.

Ayam Teriyaki

  • Baluri 4 filet ayam dengan tepung kentang dan tepuk-tepuk untuk membuang tepung yang berlebihan.
  • Di dalam mangkuk kecil, siapkan saus teriyaki. Masukkan jus apel, shoyu, cuka dan parutan jahe kemudian diaduk rata.
  • Tuang minyak ke wajan dan masukkan ayam dengan sisi kulit menghadap ke dasar wajan. Goreng filetnya dengan api sedang sampai berwarna kecokelatan. Kemudian balik dan tutup wajan dan goreng dengan api kecil selama empat menit lagi. Tusuk ayam dengan tusuk sate atau garpu untuk mengetahui apakah ayamnya sudah matang atau belum. Jika sudah matang, angkat filetnya dari wajan.
  • Bersihkan minyak tersisa dari wajan dan tuang saus teriyaki. Saat sausnya sudah hangat, masukkan lagi filetnya ke dalam wajan dan lapisi dengan saus teriyaki.

Ayam Teriyaki

  • Ketika sausnya sudah mengental dan melumuri semua filet, angkat dan masukkan ke wadah dengan sisi kulit menghadap ke atas. Saat ayamnya sudah agak dingin, potong-potong strip dengan ukuran 1 sentimeter. Atur potongan di atas piring dengan sayuran hijau dan irisan lemon. Ayam teriyakinya sudah siap disantap.

Anda bisa menikmati makanan dengan garam yang dikurangi!

Garam membuat makanan terasa enak. Tetapi jika terlalu banyak maka bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti misalnya tekanan darah tinggi dan sakit jantung. Badan kesehatan dunia WHO, merekomendasikan 5 gram garam yang bisa dikonsumsi per hari. Menurunkan jumlah garam sepertinya akan mengurangi kenikmatan makanan yang disantap. Meski Anda mengetahui bahwa mengonsumsi makanan rendah garam bagus untuk kesehatan, tetapi mempertahankan pola makan rendah garam bisa menjadi satu tantangan.

Dalam resep ayam teriyaki rendah garam ini, saus teriyakinya mengandung setengah dari kadar garam resep normal. Tetapi masih terasa enak karena kandungan jus apel, cuka dan jahe. Menggunakan bahan-bahan dengan rasa yang kuat ini bisa menjadi satu cara untuk mempertahankan pola makan rendah garam. Saran lainnya adalah menggunakan shoyu lebih efektif. Meski tinggi sodium, tetapi shoyu hanya mengandung 1/5 sodium dari garam. Karena rasanya yang unik, menambahkan sedikit shoyu bisa menambah cita rasa yang memuaskan.

Ada banyak ide untuk menyantap makanan sehat. Di Jepang, kelas masak rendah garam dan situs yang memuat resep rendah garam sangat populer. Kami harap Anda bisa menyantap makanan rendah garam dan tetap sehat.
Comments


EmoticonEmoticon