DK PBB Gagal Sepakati Sanksi Baru Korea Utara

DK PBB Gagal Sepakati Sanksi Baru Korea Utara - Para anggota Dewan Keamanan PBB menegaskan kembali bahwa pihaknya akan menerapkan sanksi-sanksi terhadap Korea Utara, tapi masih terbelah dalam keputusan untuk menerapkan sanksi-sanksi tambahan. Para anggota mengadakan pertemuan darurat pada hari Selasa (23/05/2017) setelah Korea Utara meluncurkan rudal balistik di hari Minggu, yang melanggar resolusi Dewan Keamanan. Itu adalah rudal kesebelas yang diluncurkan Korea Utara tahun ini.

Dewan Keamanan PBB

Duta besar Jepang untuk PBB, Koro Bessho, menyampaikan kepada wartawan bahwa banyak anggota menyerukan dialog dengan Pyongyang, tapi ia mengira bahwa para anggota mengerti pentingnya memberikan tekanan pada Korea Utara. Sementara itu, Duta Besar Cina untuk PBB Liu Jieyi mengatakan, penting untuk menerapkan resolusi Dewan Keamanan secara menyeluruh. Namun, Liu tetap bersikap hati-hati terhadap sanksi-sanksi tambahan, dan mengatakan bahwa dewan seharusnya berupaya untuk mengurangi ketegangan.

Sebastiano Cardi, kepala komite yang mengawasi sanksi-sanksi terhadap Korea Utara, mengatakan bahwa komite akan berusaha untuk menerapkan sanksi-sanksi dengan lebih efektif dan menyeluruh dalam beberapa pekan ke depan. Amerika Serikat dan Cina akan memimpin diskusi pada Dewan Keamanan mengenai apakah sanksi-sanksi akan diperkuat.

0 komentar

Posting Komentar