Ikan Buri, Cita Rasa Musim Dingin

Ikan Buri, Cita Rasa Musim Dingin - Helen Lewis asal Inggris mengajak kita ke kota Himi di Provinsi Toyama, yang terkenal akan ikan burinya, sejenis ikan ekor kuning, yang paling lezat, kekhasan musim dingin Jepang. Hasil tangkapan ikan buri di sini dibeli dengan harga paling tinggi di Jepang.

Ikan Buri

Reporter Helen Lewis

Ikan Buri Memakmurkan Kota Himi

Lelang ikan buri dimulai pukul 6.30 pagi. Setiap harinya, lebih dari 2.000 ekor ikan buri dibongkar muat di Himi.

Ikan Buri

Perikanan telah lama menjadi industri penting kota ini. Hal ini dapat diketahui dari banyaknya toko-toko yang berkaitan dengan ikan, seperti banyaknya penjual ikan dan kios-kios lain yang menjual ikan kering dan kamaboko (adonan dari ikan yang direbus).

Kediaman Ei-ichi Hamamoto disebut-sebut sebagai Buri Goten atau Istana Ikan Buri. Keluarga itu menjadi kaya dari penangkapan ikan buri. Hamamoto giat menggalakkan penggunaan jaring tetap di seluruh dunia. Cara menangkap ikan yang ramah lingkungan ini telah dilakukan di Himi selama 400 tahun.

Ikan Buri

Mencicipi Rasa Ikan Buri

Yoshiro Kakuma, pengelola penginapan setempat, menyiapkan beberapa hidangan ikan buri yang istimewa. Musim dingin adalah waktu yang tepat menikmati ikan buri. Ikannya berlemak dan lembut, seperti meleleh di dalam mulut.

Ikan buri yang disajikan dalam bentuk sashimi dan dibumbui sedikit kecap asin, merupakan cara terbaik mencicipi ikan buri yang segar.

Sashimi

Buri-daikon yaitu ikan buri yang direbus bersama lobak daikon dengan kuah manis-asin, adalah masakan yang sangat populer di Jepang.

Buri-daikon

Akses

Dari Tokyo kita bisa menggunakan pesawat menuju Bandara Toyama dengan waktu tempuh satu jam, kemudian menuju kota Himi dengan naik bus dan kereta selama sekitar 1½ jam.

Lihat peta lebih rinci

Himi, Toyama

0 komentar

Posting Komentar