Hatsu Hinode - HadaCircle

1 Mei 2017

Hatsu Hinode

Hatsu Hinode - Istilah Bahasa Jepang "Hatsu Hinode"

Hatsu Hinode

Seperti di belahan dunia lain, tahun baru di Jepang juga dimulai pada tanggal 1 Januari.

Hatsu Hinode

Tanggal 1 Januari atau tahun baru di Jepang disebut dengan "Shogatsu".  Anggota keluarga dan sanak saudara akan berkumpul untuk merayakan tahun baru tersebut. Pada saat tahun baru, toko-toko di Jepang banyak yang tutup karena di seluruh Jepang sedang merayakan tahun baru. Tolong perhatikan hal ini jika berkunjung ke Jepang saat tahun baru.

Apapun yang Dilakukan saat Tahun Baru Semuanya Ditambah Kata "Hatsu (Pertama)"

Sebagai permulaan tahun yang baru, bukan hanya hal yang dilakukan pada tanggal 1 Januari, tetapi seluruh kegiatan yang dilakukan pertama kali pada tahun tersebut akan menjadi "Pertama". Misalnya, setelah tahun baru datang, Anda pertama kali tertawa. Kegiatan tersebut akan terasa spesial dengan disebut "Hatsu Warai (Tawa Pertama)", sama juga dengan kegiatan mengunjungi kuil untuk pertama kalinya pada tahun baru yang disebut "Hatsumode (Kunjungan Kuil Pertama)".


Ayo Datang ke Jepang Lebih Cepat agar Bisa Melihat Fajar Tahun Baru!

Hatsu Hinode

Fajar pada saat tanggal 1 Januari disebut juga dengan "Hatsu Hinode" (Fajar Pertama) atau "Goraikou". "Goraikou" sendiri merupakan sebuah istilah yang bisa diartikan "datangnya sang dewa". Orang Jepang zaman dulu membayangkan bahwa saat dewa datang, pastilah pemandangannya bagaikan matahari terbit. Menurut kepercayaan, Dewa Toshigami atau dewa keberuntungan akan datang bersamaan dengan munculnya "Hatsu Hinode". Oleh sebab itu, melihat fajar atau matahari terbit di Jepang mempunyai arti untuk menyambut datangnya Dewa Toshigami dan tahun yang baru.

Bermacam-macam doa dipanjatkan orang Jepang saat memandang "Hatsu Hinode". Ada yang berdoa untuk keberuntungan tahun itu, ada yang bersumpah tentang hal yang akan dilakukan pada tahun itu, dan sebagainya. Meskipun begitu, di zaman yang sudah maju dan modern ini, melihat "Hatsu Hinode" menjadi sulit karena keberadaan bangunan-bangunan yang tinggi.

Hatsu HinodePemandangan "Hatsu Hinode" dari Puncak Gunung Fuji


Saat menjelang tahun baru, tempat-tempat seperti puncak Gunung Fuji, Inubosaki di Prefektur Chiba, dan tempat-tempat lain yang terkenal akan keindahan pemandangan matahari terbitnya akan penuh dengan wisatawan yang ingin menyaksikan "Hatsu Hinode" . Oleh karena itu, banyak tempat-tempat seperti Sky Tree, buka lebih pagi dari biasanya agar pengunjung bisa masuk dan menikmati "Hatsu Hinode".


Batas penanggalan internasional terletak di tengah-tengah lautan Pasifik. Oleh karena itu, tempat yang pertama kali menyambut kedatangan hari baru adalah tempat-tempat yang berada di Lautan Pasifik seperti Pulau Kiribati. Meskipun Jepang sedikit terlambat jika dibandingkan tempat-tempat tersebut, Jepang termasuk dalam negara tercepat yang menyambut tahun baru karena berada dekat dengan Lautan Pasifik sebelah barat. Misalnya, jika dibandingkan dengan Negara Thailand di Asia Tenggara, Jepang lebih cepat 2 jam. Jika dibandingkan dengan Negara Inggris, Jepang lebih cepat 9 jam. Jika dibandingkan dengan New York di Amerika, Jepang lebih cepat 14 jam.

Maukah Anda mencoba datang ke Jepang untuk menyambut tahun baru lebih cepat dari negara-negara lain? Pastinya hal itu akan menjadi awal yang baik dalam tahun tersebut.
Comments


EmoticonEmoticon