Hasil Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadhan 1438 H

Hasil Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadhan 1438 H

1 Ramadhan 1438 H

Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1438 Hijriyah jatuh pada tanggal 27 Mei 2017. Penetapan itu berdasarkan sidang isbat yang digelar di Kantor Kementerian Agama, Jumat (26/5).

"Besok pagi 27 Mei 2017 kita akan mengawali puasa Ramadan," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi pers usai sidang isbat di kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat.

Sidang isbat dihadiri oleh Duta Besar negara-negara sahabat, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Selain itu, Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam.

Penetapan itu berdasarkan pemantauan hilal dari 84 titik pemantauan di 33 Provinsi di seluruh Indonesia. Lokasi pemantauan paling Barat, tersebar di Observatorium Kuta Karang, dan Tugu 0 KM Indonesia, Sabang. Sedangkan di wilayah paling Timur Indonesia, pemantauan hilal dilakukan di Pantai Lampu Satu Merauke.

Sidang isbat tahun ini berlangsung tertutup. Pukul 17.00 WIB, sidang diawali dengan pemaparan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama tentang posisi hilal menjelang awal Ramadan 1438H.

0 komentar

Posting Komentar