IoT Diprediksi Jadi Tren di Indonesia Akhir 2017 Ini - HadaCircle

Jumat, Mei 12, 2017

IoT Diprediksi Jadi Tren di Indonesia Akhir 2017 Ini

IoT Diprediksi Jadi Tren di Indonesia Akhir 2017 Ini - Tren keterhubungan antarperangkat atau dikenal dengan Internet of Things di Indonesia diperkirakan akan makin terasa dekat bagi pengguna internet di Tanah Air. Internet of Things di Indonesia akan semakin berkembang.

IoT

Sales Manager QNAP Systems, Agustian Purnama menuturkan pada 2017, ia menilai tren IoT baru saja dimulai di Tanah Air. Meski baru disebarluaskan di lingkup kampus, Agus meyakini IoT akan segera merambah ke sektor industri.

"Sebenarnya di Indonesia baru mulai, tapi kalau kita lihat perangkat-perangkat seperti Raspberry, yang sudah mulai banyak diinformasikan di universitas-universitas, pasti enggak lama lagi akan masuk ke bidang industri," ujarnya saat dijumpai VIVA.co.id dalam acara 'Taiwan IoT Solution for Smart Living' di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat 12 Mei 2017.

Agus menuturkan, dengan perkembangan IoT pada saat ini, dia yakin tren keterhubungan tersebut bakal makin terasa di kehidupan sehari-hari. Saat ini, menurutnya, perkembangan IoT masih dalam tahap edukasi ke pelanggan dan ekosistem, dan kemungkinan tahun depan sudah terlihat dinamikanya.

“Mungkin sekitar tahun 2017 akhir dan tahun 2018 awal, akan banyak perangkat-perangkat IoT di Indonesia. Dari 2015 sampai 2020 saja, kurang lebih minimal dua kali lipat perkembangannya, dari 10 miliar perangkat sampai dengan 20 miliar perangkat," katanya.

Menurut Agus, lahirnya tren IoT di Indonesia disebabkan oleh sensor dan hardware yang semakin murah dijual. Karena semakin murah dan mudah didapatkan, maka setiap tahun seharusnya perangkat IoT bisa meningkat 20 sampai 30 persen.

Dalam pemaparannya, Agus mengatakan, industri IoT Taiwan terbilang lengkap. Produknya dinilai memiliki kelebihan di berbagai kategori, seperti misal CPU, panel, monitor, perangkat navigasi portabel, WLAN dan server yang kini sudah dengan mudahnya masuk ke pasar Indonesia.
Comments


EmoticonEmoticon