Jimly Asshiddiqie Dukung Pembubaran HTI - HadaCircle

Rabu, Mei 10, 2017

Jimly Asshiddiqie Dukung Pembubaran HTI

Jimly Asshiddiqie Dukung Pembubaran HTI - Pemerintah melalui Menkopolhukam Wiranto akan mengambil langkah hukum untuk membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Jimly Asshiddiqie

Menurutnya, selama ini kegiatan yang dilakukan oleh HTI terindikasi bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

Menanggapi hal itu, Pakar Hukum Tata Negara Jimly Asshiddiqie justru mempertanyakan langkah pemerintah yang baru sekarang berniat membubarkan HTI.

Sebab, HTI telah puluhan tahun berada di Indonesia, dan sudah 10 tahun tidak juga tersentuh, sehingga mereka bisa bersikap merasa benar dengan ajarannya.

"Sudah 10 tahun tidak diapa-apain, kenapa baru sekarang? Pemerintah, setidaknya harus menjelaskan hal ini," kata dia saat dihubungi, Jakarta, Senin (8/5/2017).

Dia juga mengingatkan pemerintah untuk membawa hal ini ke pengadilan, agar tidak jadi persepsi adanya pembubaran secara sepihak.

"Menyatakan ormas ini bertentangan dengan konstitusi dan dinyatakan sebagai organisasi terlarang, itu putusan pengadilan. Otomatis dengan cara demikian pemerintah sebaiknya ajukan ke pengadilan. Bukan memutuskan sepihak," tuturnya.

Jimly juga mengingatkan agar keputusan pemerintah terkait HTI ini tidak dikaitkan dengan politik pasca-pilkada.

Menurutnya, pemerintah dapat menjelaskan hal tersebut kepada publik, agar tidak ada persepsi yang liar di tengah masyarakat.

"Jadi jangan sampai nanti dipersepsikan keputusan pemerintah ini ada kaitan dengan terbelahnya profesi publik tentang politik pasca-pilkada. Jadi jangan dikait-kait lagi dengan pilkada," imbaunya.

Dia juga berharap agar jangan ada anggapan ormas Islam yang berada di luar NU dan Muhammadiyah, akan berhadapan dengan negara.

Apa yang dilakukan pemerintah terkait HTI, Jimly menilainya telah memiliki keyakinan yang matang.

Namun, tetap harus melalui jalur hukum sebagaimana yang tertera di dalam undang-undang mengenai organisasi kemasyarakatan, jika akan melakukan langkah pembubaran.

"Pokoknya kita percaya pemerintah sudah matang. Cuma ya kita tunggu penjelasan detailnya dan masyarakat harus tenang dulu. Jangan emosi dan mispersepsi, dan jangan identikkan HTI dengan keseluruhan umat Islam," paparnya.
Comments


EmoticonEmoticon