Kakigori - HadaCircle

1 Mei 2017

Kakigori

Kakigori - Istilah Bahasa Jepang “Kakigori”

Musim panas sudah pasti kakigori! Apa itu kakigori? Artikel ini akan memperkenalkan budaya kakigori dan macam-macam rasanya yang ada di Jepang.

Kakigori

Asal Mula Kakigori dan Simbol Korihata

Kakigori merupakan cemilan berupa es batu yang diserut dengan sirup manis atau susu kental di atasnya. Di Jepang kakigori umumnya dimakan ketika musim panas. Makanan manis dengan harga terjangkau yang bisa Anda makan di toko maupun di rumah ini sangat segar dinikmati ketika musim panas.

Kakigori merupakan makanan yang sudah ada sejak abad ke-8. Pada saat itu yang bisa menikmati makanan ini hanyalah kalangan bangsawan. Kakigori pada zaman dahulu diserut dengan menggunakan benda tajam, kemudian di atasnya diberikan getah atau sari tanaman merambat bernama amazura.

Memasuki abad ke 19, toko-toko yang menjual es batu mulai bermunculan. Kemudian ada juga perusahaan yang memproduksi es batu dan setelah itu toko kakigori mulai menyebar luas. Pemerintah sampai membuatkan aturan untuk membatasi penjual kakigori karena banyaknya toko kakigori yang bermunculan. Bagi toko yang telah lolos survey kesehatan dan kebersihan diwajibkan untuk memberikan tanda kakihata di depan toko kakigori mereka. Kakihata sendiri merupakan bendera bertulisan “氷” yang dibaca koori dan berarti es batu.

Kapan dan Di Mana Bisa Makan Kakigori?

Kakigori

Kakigori bisa ditemui saat festival musim panas yang selenggarakan di kuil-kuil dan umi no ke (kafe di pinggir pantai), sedangkan waktunya biasanya ada saat musim panas sekitar bulan Juli sampai Agustus. Paling cepat, toko kakigori sudah dijual oleh toko kakigori, toko makanan manis, supermarket, convenience store, dan stadion baseball sejak Golden Week (libur panjang) di bulan Mei.

Kemudian dengan adanya alat serut kakigori, kakigori dapat dibuat dengan mudah di rumah-rumah. Saat anak-anak liburan musim panas selama hampir setengah bulan, tentu alat ini sangat berguna untuk menyenangkan mereka.

Bagaimana Rasanya?

Kakigori

Kakigori terdapat bermacam-macam jenis, mulai dari kakigori lembut yang menggunakan es alami sampai kakigori renyah dalam gelas cup yang dijual di convenience store atau supermarket. Rasanya pun disesuaikan dengan sirup di atasnya.

Rasa yang umum dari kakigori adalah stroberi, lemon, dan melon, akan tetapi mizore (kakigori dengan madu gula berwarna putih yang mirip seperti salju di musim dingin), kintoki (kakigori dengan pasta kacang merah di atasnya), dan ujikintoki (kakigori dengan sirup matcha dan pasta kacang merah) juga merupakan menu kakigori yang sudah ada sejak zaman dulu. Selain itu, toko-toko kakigori yang buka saat festival biasanya menyediakan Kakigori Blue Hawai dan Cocktail Blue Hawai dengan warna biru dan rasa soda yang menyegarkan.

Trend Toko Kakigori Saat Ini

Jika dulu kakigori buka hanya saat musim panas, belakangan ini ada juga toko kakigori yang buka selama satu tahun penuh.

Yelo yang berada di Roppongi, Tokyo merupakan toko kakigori yang terkenal dengan kemewahan dan variasi menunya. Ditambah lagi, yelo juga melakukan bisnis kolaborasi dengan Lawson dan menjual kakigori stroberi dan kakigori karamel. Melebarkan sayap ke seluruh Jepang dengan melakukan kolaborasi antara toko terkenal dengang convenience store merupakan hal yang sedang trend saat ini. Anda bisa mencoba kakigori yang dijual di convenience store, tapi jika ada kesempatan cobalah juga untuk datang ke toko kakigori terkenal!

Inilah Toko-Toko Kakigori Terkenal!

Kakigori

Selanjutnya HadaCircle akan memperkenalkan toko kakigori terkenal yang ada di tiap daerah! Semuanya merupakan toko yang terkenal sampai-sampai selalu penuh dengan antrian.

  • Yuzawaya Charyo
Yuzawaya merupakan kafe ala Jepang yang berada di Nikko, Prefektur Tochigi. Menu spesial kakigori ala Jepang di kafe ini menggunakan es alami berkualitas dari Nikko yang cukup langka.

  • Asami Reizo
Azami Reizo yang berada di Chichibu, Prefektur Saitama merupakan tempat pembuatan bir yang menggunakan es alami. Selain itu, tempat ini juga terkenal dengan kakigori yang terbuat dari es batu alami dengan topping madu khusus yang dibuat secara rahasia.

  • Jigen
Toko kakigori yang berada di Kumagaya, Prefektur Saitama ini menyediakan kakigori seperti parfait dengan menu yang banyak dan unik, seperti contohnya air kelapa, krim tepung, wasabi fromage (semacam keju), dan lain-lain.

  • Akafuku Gori
Akafuku Gori merupakan toko kakigori yang berada di Ise, Prefektur Mie. Toko ini menjual kakigori dengan akafuku (mochi yang dibalut kacang merah) yang merupakan makanan khas Ise. Akafuku yang lembut dimasukan ke dalam kakigori dengan sirup matcha menciptakan rasa yang sangat enak. Di Prefektur Mie, kakigori ini dijual di Toko Akafuku. Sedangkan di Prefektur Nagoya, kakigori ini dijual di Toko Takashimaya dan Toko Matsuzakaya.

  • Tosendo
Tosendo merupakan toko wagashi (kue tradisional Jepang) yang juga menyediakan menu kakigori. Toko yang sudah ada sejak lama dengan 4 generasi ini berada di Imabari, Prefektur Ehime. Toko ini menyediakan rasa yang unik seperti rasa noiyokan (semacam jeruk), blueberry, dan umemitsu (sirup buah ume).

  • Tenmonkan Mujaki
Kota Kagoshima, Prefektur Kagoshima merupakan tempat lahirnya Kakigori Shirokuma. Shirokuma merupakan kakigori dengan susu olahan sediri dan madu dengan topping buah-buahan, agar-agar, dan kacang putih yang banyak di atasnya. Toko ini menjual kakigori dengan mengirimnya ke departemen store yang ada di seluruh Jepang dan juga melalui secara online.

Nikmatilah musim panas di Jepang dengan mencoba semua kakigori yang ada di Jepang!!
Comments


EmoticonEmoticon