Kelompok Moderat Pasif (Muhammadiyah) - HadaCircle

Rabu, Mei 10, 2017

Kelompok Moderat Pasif (Muhammadiyah)

Kelompok Moderat Pasif (Muhammadiyah) - Dari penelusuran di beberapa ensiklopedia, dalam terminologi agama dan politik, moderat diartikan sebagai posisi yang tidak partisan, ekstrim, atau radikal, 21 atau dalam terminologi yang sederhana, moderat berarti bukan bagian dari kelompok politik tertentu. Hal ini sesuai dengan pandangan organisasi Muhammadiyah, dalam hubungannya dengan politik kekuasaan yang dapat dilihat dalam AD/ART, Khittah Perjuangan, Khittah Ujung Pandang, yang menyatakan mengambil jarak yang sama dengan partai politik dan menyatakan bukan bagian dari partai politik.

Silent Majority

Kubu ini sering mengatakan di tempat umum bahwa Muhammadiyah dan dirinya adalah ‘ummatan washatan’, berada di tengah-tengah umat dan tidak menghendaki perpecahan atau ‘pertengakaran’. Keyakinan mereka adalah bahwa dakwah jauh lebih penting dari urusan dunia politik. Mereka juga berkeyakinan bahwa “politik itu memecah dan dakwah itu merangkul”.

Kelompok ini banyak di Muhammadiyah dan sering dikritik DS sebagai kelompok silent majority yang tidak memberikan dampak perubahan ke kondisi yang lebih baik. DS yang politiknya sangat kentara dan disebut beberapa kalangan sebagai kubu fundamentalis politik setelah ikut andil besar dalam pendirian Partai Matahari Bangsa pada tahun 2006.
Comments


EmoticonEmoticon