Kelompok Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Puasa Agar Tetap Sehat

Kelompok Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Puasa Agar Tetap Sehat - Masih banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana pola makan yang benar saat berpuasa agar tubuh tidak kekurangan gizi. Selain menghindari makanan yang mengandung minyak dan terlalu manis, pola makan tepat diperlukan agar tubuh dalam keadaan fit.

Makanan Sehat Berimbang

Ahli gizi Desy Nur Arsanti mengatakan, kelompok makanan sehat terbagi ke dalam lima kategori. Apa saja?

1. Karbohidrat Kompleks dan Serat

Tubuh terasa lemas serta kadar gula menurun wajar dialami pada awal puasa. Untuk mengembalikan kekuatan tubuh, ada baiknya konsumsi karbohidrat komplek serta makanan yang kaya akan serat. Semua makanan ini membuat tubuh kenyang lebih lama serta kadar energi lebih stabil.

Karbohidrat

"Karbohidrat kompleks ada pada quinoa, nasi merah, kentang dan ubi, oatmeal dan serealia utuh. Makanan sayuran hijau, yang berumbi dan buah-buahan banyak mengandung serat," papar Desy saat ditemui di SaladStop! Plaza Indonesia Jakarta Pusat, Selasa, (9/5).

2. Protein

Makanan seperti daging ayam, ikan, telur susu, keju, yogurt dan lain-lain merupakan asupan protein yang bisa kamu konsumsi. Seluruh makanan ini bisa dicerna perlahan oleh tubuh sehingga rasa kenyang bisa bertahan lebih lama.

Protein

3. Minuman Sehat

Setelah berpuasa lebih dari 12 jam per hari, tubuh memerlukan cairan untuk meningkatkan kadar gula darah yang tidak berlebihan. Usai berbuka puasa, kamu bisa meminum 8 gelas air putih selama waktu berbuka hingga sahur, susu, atau jus yang menyehatkan.

Minuman Sehat

4. Sayuran

Perbanyak konsumsi sayuran dapat membantu kamu lebih kuat untuk berpuasa. Sayuran yang bagus diolah dengan cara dijadikan sup dan tumisan.

Sayuran

5. Kurma

Desy mengatakan kurma merupakan gula alami yang bagus dikonsumsi setelah buka puasa. Satu butir kurma mengandung 70 hingga 80 kalori sehingga masih aman dikonsumsi.

Kurma

"Untuk berapa butir yang dikonsumsi bebas, bisa lima atau tujuh butir. Kurma bagus dikonsumsi karena dia tidak terlalu manis dan merupakan gula alami untuk mengembalikan stamina tubuh yang lemas saat berpuasa," ujarnya sebelum menutup perbincangan.

0 komentar

Posting Komentar