Kucing Manekineko

Kucing Manekineko - “Kucing” manekineko adalah ornamen berbentuk kucing yang biasa ditempatkan orang Jepang di toko-toko mereka. Salah satu kaki depan si kucing mengangkat ke depan seperti sedang memanggil orang, itulah manekineko (maneki= mengundang, neko= kucing).

Kucing Manekineko

Manekineko yang mengangkat kaki kanannya dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan, sedangkan yang mengangkat kaki kiri dipercaya mendatangkan pengunjung. Oleh pemilik toko, manekineko biasanya diletakkan di atas etalase.

Sekarang ini, manekineko tersedia dalam berbagai bentuk dan terbuat dari berbagai jenis bahan dasar. Manekineko pada awalnya terbuat dari tanah liat. Karena itulah ada tempat di prefektur Aichi yang terkenal sebagai penghasil tembikar dan merupakan sentra produksi “kucing” manekineko.

Sampai sekarang pun banyak orang yang menganggap manekineko sebagai jimat keberuntungan. Ada pula yang menggemarinya karena bentuknya yang lucu untuk digunakan sebagai hiasan interior ruangan. Tidak sedikit pula wisatawan asing yang membelinya sebagai oleh-oleh wisata dari Jepang.

0 komentar

Posting Komentar