Kagami Mochi

Kagami Mochi - Istilah Bahasa Jepang "Kagami Mochi"

Kagami Mochi

Kagami Mochi adalah mochi yang dibuat di malam terakhir tahun sebelumnya (mochi: makanan yang dibuat dari beras ketan), dibuat oleh keluarga di Jepang untuk persembahan yang diberikan kepada “Toshigami (Dewa Tahun)” pada tahun baru sebagai ungkapan rasa terima kasih dan doa. Kebiasaan menghiasi Kagami Mochi telah dimulai dari sekitar abad ke-14.

Kagami Mochi

Cara Mendekorasi Kagami Mochi

Biasanya Kagami Mochi merupakan mochi bulat yang ditumpuk dalam 2 tingkat dan di atas tumpukan mochi tersebut diletakkan buah daidai berwarna oranye (sejenis jeruk, namun ukurannya lebih besar). Buah daidai ini berukuran sama dengan mochi di bawahnya. Bagi beberapa daerah, mereka menggunakan kelp (sejenis rumput laut) kering, kesemek kering, bahkan udang, dan makanan lain yang berasal dari gunung dan laut untuk menghias Kagami Mochi.

Tempat untuk meletakkan Kagami Mochi disebut Sambou. Akan tetapi, apabila Anda tidak memiliki Sambou, maka Anda dapat menggunakan nampan atau baki sebagai penggantinya.

Selain itu, sekali pohon jeruk daidai berbuah, buahnya tidak akan jatuh selama 2 hingga 3 tahun. Karena hal tersebutlah, buah daidai melambangkan harapan dan keiginan memiliki umur yang panjang.  Apabila Anda tidak memiliki buah jeruk daidai, maka Anda dapat mengganti hiasan jeruk daidai dengan hiasan lainnya.

Tradisi Memotong Mochi Tahun Baru (Kagamibiraki)

Pada akhir tahun hingga awal tahun baru, dekorasi Kagami Mochi akan dipajang hingga pelaksanaan Kagamibiraki yang akan diadakan pada 11 Januari. Pada hari tersebut, mochi akan dipotong kecil-kecil dan dicampurkan ke dalam zouni, sejenis hidangan yang biasanya dimakan untuk merayakan tahun baru. Mochi yang telah dipotong kecil-kecil dan sayuran akan dicampur menjadi satu dalam sup. Setiap daerah memiliki resep yang berbeda-beda dalam membuat sup zouni.

Kagami Mochi

Selain zouni, terdapat pula shiruko (sup kacang merah). Sup ini dibuat dari kacang azuki yang direbus dan dibumbui dengan gula. Terdapat pula kebiasaan memasukkan mochi ke dalam sup sebagai makanan penutup.

Pada saat ini Anda dengan mudah dapat melakukan Kagamibiraki. Hal ini dikarenakan akhir-akhir ini muncul produk berupa mochi yang telah dipotong kecil-kecil sejak awal dan dibentuk seperti Kagami Mochi yang dimasukkan ke dalam sebuah wadah kemudian dijual.

0 komentar

Posting Komentar