Resep Salad Okazu

Resep Salad Okazu - Pencegahan diabetes menjadi topik kedua dalam edisi resep sehat guna membantu mencegah penyakit yang terkait dengan gaya hidup. Resep kali ini adalah dua okazu atau salad hidangan utama yang sehat, rendah karbohidrat dan lemak.

Salad Okazu

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

<<Salad Ohitashi>>
50g filet dada ayam
100g jamur shimeji
Garam secukupnya
100g bayam
100g brokoli

200ml kaldu dashi
(Silakan klik untuk cara membuat kaldu dashi)
2 sendok makan shoyu

<<Salad Alpukat Udang>>
160g atau 8 udang
1 alpukat
150g atau 10 tomat ceri
3 daun selada

1 1/2 sendok makan shoyu
1 sendok makan air perasan lemon
5g jahe
20g bawang bombai

1/2 sendok teh garam untuk merebus udang
1 sendok teh air perasan lemon yang digunakan untuk alpukat agar tidak berubah warna

Salad Okazu

Cara Memasak Salad Okazu

(Ohitashi Salad)
  • Bersihkan bayam, potong dan buang bagian batang yang ada akarnya lalu potong-potong menjadi ukuran 4cm. Bilas brokoli dan potong-potong menjadi kuntum-kuntum kecil dengan ukuran yang sama. Untuk kuntum brokoli yang besar bisa dipotong menjadi dua bagian.
  • Didihkan air di panci besar dan kemudian pertama rebus brokoli selama 1 hingga 2 menit. Tiriskan brokoli dengan saringan. Panaskan lagi air yang sama, masukkan bayam, tunggu sampai mendidih dan rebus selama satu menit. Siapkan mangkuk berisi air dingin untuk bayam yang sudah direbus. Dinginkan bayam dengan mengganti air dingin di dalam mangkuk beberapa kali. Peras air keluar dari bayam. Aduk kaldu dashi dan shoyu di dalam sebuah mangkuk, masukkan sayuran hijau dan diamkan selama 15 menit.
  • Potong filet ayam menjadi 2 atau 3 potongan dengan ketebalan sekitar 1 sentimeter. Taburi garam secukupnya. Potong bagian ujung batang jamur shimeji dan bilas. Bagi-bagi jamur menjadi bundelan berisi masing-masing tiga batang.
Salad Okazu

  • Panaskan penggorengan dan jangan beri minyak. Masukkan filet ayam ke penggorengan, tutup penggorengan dan goreng dengan api kecil. Jika ada kulit di filetnya maka letakkan bagian kulit di atas penggorengan. Ketika sudah berubah warna cokelat terang, balik ayamnya, tutup penggorengannya lagi dan diamkan selama sekitar 3 hingga 4 menit.
  • Di penggorengan yang sama, masukkan jamur, taburkan sejumput garam dan masak dengan api kecil tanpa ditutup penggorengannya, bolak-balik jamur sesuai kebutuhan.
  • Letakkan bayam dan brokoli di atas piring, kemudian tambahkan jamur di atasnya serta ayam yang sudah dipotong-potong strip 1 sentimeter.
(Salad Alpukat Udang)
Salad Okazu

  • Pertama, dengan tusukan sate atau garpu buang kotoran pada bagian punggung udang dengan cangkang yang masih menempel.
  • Didihkan 200ml air di dalam panci dan tambahkan garam. Rebus udang selama sekitar dua menit sampai cangkangnya berubah warna merah dan dagingnya memutih. Tempatkan udang di dalam sebuah piring dan biarkan udangnya direndam dengan kaldu tersisa.
  • Potong alpukat menjadi dua bagian memanjang, buang biji dan kulitnya. Potong memanjang lagi dua bagian daging alpukat tersebut kemudian dipotong dadu ukuran 1 sentimeter.
  • Aduk shoyu, air perasan jahe parut, air perasan lemon dan daun bombai parut untuk membuat saus salad non-minyak gaya Jepang.
  • Buang cangkang udang dan potong-potong udang menjadi ukuran 2 sentimeter. Atur daun selada di atas piring, kemudian tambahkan alpukat di atasnya, serta tomat dan udang. Sebelum disantap, siram saus saladnya ke atas campuran salad. Jika suka, taburkan kacang yang sudah dipotong kecil-kecil.

Cara efektif mencegah diabetes

Guna mencegah diabetes, penting untuk memerhatikan seberapa banyak makanan yang disantap terutama yang mengandung karbohidrat, gula dan lemak. Usai makan, tingkat kadar gula darah setiap orang mengalami peningkatan. Gula darah seseorang yang sehat akan kembali normal dalam beberapa jam. Tetapi jika mengonsumsi terlalu banyak gula atau lemak, maka hormon yang bekerja menjaga tingkat gula darah akan anjlok. Jika didiamkan maka bisa terkena diabetes dengan tingkat gula darah yang terus tinggi.

Baru-baru ini ada metode makan yang direkomendasikan untuk para pasien diabetes di Jepang yang juga efektif untuk mencegah diabetes. Pertama, banyak makan sayuran untuk mengisi perut yang kosong. Menyantap makanan kaya serat juga bermanfaat untuk memperbaiki kadar gula darah. Santap makanan yang mengandung karbohidrat seperti roti dan nasi, yang bisa dengan mudah meningkatkan gula darah, pada bagian akhir sewaktu makan.

Olahraga secukupnya juga penting untuk mencegah dan menangani diabetes. Jadi jangan lupa untuk olahraga!