PMII dan GP Ansor Dukung Pembubaran HTI - HadaCircle

Kamis, Mei 11, 2017

PMII dan GP Ansor Dukung Pembubaran HTI

PMII dan GP Ansor Dukung Pembubaran HTI - Pergerakan mahasiswa islam indonesia (PMII) cabang Baubau menggelar demo gabungan bersama gerakan pemuda (GP) Ansor untuk mendukung penuh langkah pemerintah Indonesia yang secara resmi membubarkan gerakan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Selasa (9/5).

PMII

Demo gabungan direncanakan dilakukan di beberapa lokasi yang berkaitan dengan instansi pemerintah yang berkompeten untuk menjaga dan mencegah tumbuhnya faham anti pancasila dan UUD 45 diantaranya simpang UMB, tugu kirap, polres, kodim dan kantor DPR.
Maasra 720

Dalam orasinya yang berlangsung di tugu kirap Betoambari, organisasi gabungan tersebut menyerukan langkah yang diambil pemerintah untuk membubarkan HTI merupakan langkah tepat dalam melawan perkembangan ajaran islam radikal yang marak terjadi di Indonesia beberapa tahun terakhir.

Dalam kondisinya, walaupun HTI telah terdaftar dan memiliki kekuatan badan hukum yang jelas, namun organisasi yang berjalan kurang lebih 2 dekade berkiprah di Indonesia itu terindikasi kuat bertentangan dengan idealisme pancasila dan Undang Undang Dasar (UUD) 1945. Hal ini dikaitkan dengan adanya gaungan HTI tentang ideologi khilafah dimana hal tersebut telah nyata dapat menimbulkan benturan pada masyarakat serta mengancam keamanan dan ketertiban warga Indonesia.

Selain itu, dalam orasinya PMII dan GP Ansor yang berbasis di kuda putih tersebut juga menuntut jajaran TNI serta POLRI untuk menghentikan segala jenis kegiatan yang diadakan oleh HTI pasca organisasi tersebut dibubarkan pada senin (8/5) kemarin. Kegiatan HTI di wilayah Baubau dianggap menyalahi aturan yang telah ditetapkan oleh UUD 45 maupun UU ormas yang telah disusun oleh pemerintah serta membahayakan keutuhan NKRI.

Asisdi selaku korlap GP Ansor cabang Baubau mengungkapkan, demo kali ini merupakan sebuah momentum nasional untuk mendukung pembubaran HTI yang dianggap sebagai organisasi islam radikal serta menolak ideologis pancasila dan menyebarkan paham ideologi islam. HTI dianggap tidak relevan dengan rancangan konsep kenegaraaan yang fleksibel dan universal serta tidak bertentangan dengan pemahaman agama manapun yaitu pancasila.

“PMII dan GP Ansor cabang Baubau sangat setuju dengan pembubaran HTI, Demo ini dilakukan serentak di seluruh indonesia dan dikoordinasi langsung oleh Nadhlatul Ulama (NU) di pusat. kami sempat adakan diskusi dengan HTI tentang paham yang diajarkan di masyarakat tetapi, dari pihak HTI dianggap tidak dapat mempertanggung jawabkan apa yang telah disampaikan. indikasinya HTI bisa memicu perpecahan umat, bisa terjadi kekacauan besar di Indonesia” Ujar Asis.

Pantauan Kepton Pos di lokasi, demo berjalan tertib dengan adanya pendampingan dan pengawalan dari aparat kepolisian.
Comments


EmoticonEmoticon