Pertempuran Terus Berlanjut di Marawi Filipina - HadaCircle

Rabu, Mei 31, 2017

Pertempuran Terus Berlanjut di Marawi Filipina

Pertempuran Terus Berlanjut di Marawi Filipina - Pertempuran masih berlanjut di Filipina selatan antara pasukan pemerintah dan militan Muslim.

Marawi

Pasukan pemerintah terlibat pertempuran dengan satu kelompok bersenjata yang terkait dengan militan IS di kota Marawi di pulau Mindanao sejak Selasa (23/05/2017) pekan lalu. Hal itu memicu Presiden Filipina Rodrigo Duterte untuk memberlakukan darurat militer di Mindanao dan pulau-pulau sekitarnya.

Militan menguasai Marawi tengah seminggu kemudian. Militer Filipina mengatakan pertempuran yang berlangsung di wilayah tersebut menyebabkan 104 orang tewas, termasuk 19 warga sipil. Sekitar 2.000 warga sipil disebut-sebut terjebak dalam wilayah yang dikuasai militan sehingga menimbulkan kekhawatiran atas keselamatan mereka.

Duterte menegaskan kemungkinan untuk memperpanjang periode 60 hari darurat militer, di mana pada masa itu militer bisa melakukan penahanan tanpa surat perintah. Tetapi saran Duterte untuk memberlakukan darurat militer di seluruh penjuru negeri dikritik oleh para pegiat HAM yang menyetarakannya dengan tekanan yang dialami negara itu pada masa kediktatoran Presiden Ferdinand Marcos.
Comments