Rekomendasi Takjil dari Berbagai Daerah untuk Berbuka Puasa

Rekomendasi Takjil dari Berbagai Daerah untuk Berbuka Puasa - Saat berpuasa, biasanya kita menginginkan sesuatu yang manis untuk memulihkan tubuh setelah seharian tidak makan dan minum. Biasanya, kurma menjadi makanan wajib yang di makan untuk membatalkan puasa.

Takjil

Namun, dalam tradisi buka puasa di Indonesia, takjil lain seperti kolak juga wajib menjadi makanan pembuka untuk membatalkan puasa. Dengan beragamnya suku dan budaya Indonesia membuat takjil pun hadir dalam banyak variasi.

Untuk itulah, HadaCircle menyiapkan lima daftar takjil dari berbagai daerah yang bisa jadi referensi kamu untuk berbuka puasa. Apa saja? Berikut.


1. Kolak Biji Salak

Kolak ini diberi nama biji salak, bukan karena terbuat dari biji salak sungguhan. Tetapi, karena diolah mirip dengan biji salak.

Kolak Biji Salak

Adonan biji salak terbuat dari tepung yang campur dengan ubi jalar. Biasanya biji salak disajikan dengan santan kelapa. Agar lebih nikmat, kamu bisa tambahkan es saat menyantapnya.

2. Kicak

Jajanan tradisional legendaris khas kota Yogyakarta ini hanya dijual selama bulan Ramadhan. Kicak yang dulunya dibuat dari singkong, kini diolah dari ketan yang dicampur dengan parutan kelapa, gula, garam, vanilli, daun pandan dan potongan buah nangka. Wangi kicak pun begitu khas, karena disajikan dengan cara dibungkus daun pisang.

Kicak

3. Jejongkong

Makanan yang mirip dengan kolak ini merupakan warisan kuliner Tionghoa. Rasanya yang manis, gurih dan kenyal sangat cocok menjadi menu berbuka puasa.

Jejongkong

Kuliner asal Lampung ini adalah salah satu menu buka puasa yang wajib kamu coba di rumah. Jejongkong terbuat dari adonan tepung beras, tepung ketan, dan tepung kanji yang diberi warna dan perasa dari daun pandan.

4. Bubur Kampiun

Bubur asal Minangkabau ini merupakan campuran dari kolak pisang, bubur candil, bubur sumsum, dan ketan hitam. Diberi nama kampiun, yang artinya pemenang,  karena si pencipta bubur ini pernah menang dalam sebuah kontes memasak pada tahun 60-an.

Bubur Kampiun

Jika tertarik mencobanya sebagai menu berbuka puasa, kamu tidak perlu jauh-jauh ke Tanah Minang. Karena bubur ini telah banyak ditemui di berbagai daerah di Indonesia.

5. Bongko Kopyor

Jajanan tradisional ini merupakan salah satu kekayaan kuliner asal Gresik yang hanya dijual pada saat bulan ramadhan saja. Tampilan dan aromanya yang wangi pasti membuat kamu ingin segera menikmatinya.

Bongko Kopyor

Bongko Kopyor biasanya disajikan dengan cara dibungkus daun pisang. Isinya terdiri dari tepung terigu, serutan daging kelapa muda, pisang, nangka dan roti tawar.

Tertarik untuk mencoba semua takjil ini?

0 komentar

Posting Komentar