Toshikoshi Soba - HadaCircle

Sabtu, Mei 06, 2017

Toshikoshi Soba

Istilah Bahasa Jepang Toshikoshi Soba -"Toshikoshi Soba" adalah budaya tradisional Jepang untuk memakan mie Soba (mie yang dibuat dari tepung yang berasal dari Biji Soba) pada tanggal 31 Desember malam.

Toshikoshi Soba

Kenapa Harus Makan Soba pada Malam Tahun Baru?

Budaya "Toshikoshi Soba" sudah dimulai sejak Zaman Edo. Ada beberapa pendapat tentang alasan terciptanya budaya ini. Salah satunya adalah karena mie Soba merupakan jenis mie yang mudah putus sehingga orang Jepang beranggapan bahwa memakan mie Soba pada malam tahun baru bertujuan untuk memotong kesialan, kesedihan, ataupun bencana dalam tahun ini agar tidak berlanjut sampai tahun depan.

Toshikoshi Soba

Ada juga anggapan bahwa mie Soba itu baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, dalam budaya tersebut tersimpan harapan agar bisa menyambut tahun baru dengan kondisi yang sehat. Disamping itu juga, karena mie Soba merupakan jenis mie yang panjang, tersimpan harapan juga agar orang yang memakannya bisa berumur panjang layaknya panjangnya mie Soba tersebut.

Selain itu, dahulu para pengrajin emas biasa menggunakan gumpalan bola dari tepung Soba untuk mengumpulkan biji emas yang tercecer setelah menyelesaikan karyanya. Oleh karena itu, memakan Toshikoshi Soba dianggap bisa menambah rejeki.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Makan Toshikoshi Soba Saat Tahun Baru??

Waktu yang paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah saat tengah malam pada tanggal 31 Desember, sebelum berganti hari berikutnya.

Toshikoshi Soba

Hal tersebut berbeda tergantung daerah dan lingkungan keluarganya. Ada yang yang makan Toshikoshi Soba saat makan malam, ada juga yang makan saat tanggal 1 Januari.

Toshikoshi Soba merupakan sesuatu yang memutus kesialan. Oleh karena itu, jika dimakan saat pergantian tahun (Misalnya dimakan saat pukul 23.55 tetapi selesai pukul 00.05), katanya malah akan mengundang kesialan. Selain itu, jika Toshikoshi Soba tidak dimakan habis atau disisakan, hal tersebut katanya akan membuat rezeki berkurang. Oleh sebab itu, marilah dari awal siapkan sedikit saja Toshikoshi Soba agar bisa habis dimakan tanpa tersisa.

Toshikoshi Soba

Sudah menjadi kebiasaan di Jepang bahwa pada saat malam pergantian tahun baru akan ada kembang api atau pesta bersama untuk menghitung mundur pergantian tahun baru. Tetapi, ada juga yang menghabiskan saat pergantian tahun baru dengan menyantap Toshikoshi Soba sambil mendengarkan suara lonceng yang berdentang 108 kali dari kuil. Jika Anda punya kesempatan untuk menghabiskan malam tahun baru di rumah keluarga orang Jepang, cobalah untuk bangun sampai larut malam agar bisa merasakan sendiri Toshikoshi Soba.
Comments


EmoticonEmoticon