Trump Segera Tunjuk Direktur Baru FBI - HadaCircle

Minggu, Mei 14, 2017

Trump Segera Tunjuk Direktur Baru FBI

Trump Segera Tunjuk Direktur Baru FBI - Presiden Amerika Serikat Donald Trump, segera menunjuk direktur Biro Investigasi Federal (FBI) yang baru, usai memecat James Comey pada Selasa (9/5) lalu. Trump mengatakan, keputusan untuk menggantikan posisi Comey akan dilakukan sebelum dirinya bertolak ke luar negeri--untuk kali pertama sebagai presiden--pada pekan depan.

Donald Trump

"Bahkan menurut saya, prosesnya akan berjalan cepat," kata Trump di pesawat kepresidenan AS Air Force One saat bertolak menuju Lynchburg, Virginia, Sabtu (13/5), seperti dilansir Reuters.

Trump meyakini, calon-calon yang sedang dipertimbangkannya kini untuk menjadi direktur FBI sebagian besar adalah sosok-sosok terkenal. Seorang petinggi di Gedung Putih membocorkan jika Trump saat ini sedang mempertimbangkan 11 tokoh untuk menggantikan posisi Comey.

Dari 11 orang tersebut, empat di antaranya adalah Pejabat pelaksana Direktur FBI Andrew McCabe, Senator Partai Republik John Cornyn, Hakim Pengadilan Banding New York Michael Garci dan mantan Asisten Jaksa Agung Alice Fisher. Mereka semua akan menjalani seleksi  wawancara seputar posisi FBI.

"Pada dasarnya, mereka telah diperiksa sepanjang hidupnya. Mereka adalah orang-orang yang sangat dikenal, sangat dihormati, dan benar-benar berbakat. Dan itu yang kita inginkan untuk FBI," ujar Trump.

Pun demikian, keputusan sepenuhnya berada di tangan Senat AS. Saat ini, keanggotaan Senat AS dikuasai kalangan Partai Republik, partai pengusung Trump.

Sebelumnya, banyak pihak mengecam keputusan Trump yang secara tiba-tiba memecat Comey. Saat itu, Comey memang sedang memimpin FBI untuk menyelidiki dugaan campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden Amerika Serikat pada 2016 lalu. Penyelidikan diarahkan pada kemungkinan hubungan antara Moskow dan tim kampanye Trump.

Dalam surat pemecatannya kepada Comey, Trump mengatakan, rekomendasi itu diterimanya dari Jaksa Agung Jeff Sessions yang menyebutkan direktur FBI harus diganti. Dengan alasan, Comey sudah tidak lagi memberikan kepemimpinan yang efektif.

Comey ditunjuk menjadi direktur FBI pada pemerintahan Barack Obama pada 2013. Seharusnya masa jabatannya baru habis di tahun 2023.

Pemecataan Comey semakin meyakinkan opini publik yang menuding ketakutan Trump akan terungkapnya penyelidikan tersebut. Baik Rusia maupun pihak Gedung Putih, telah membantah semua tuduhan tersebut.
Comments


EmoticonEmoticon