Wabup Tanggamus Dukung Pembubaran HTI

Wabup Tanggamus Dukung Pembubaran HTI - Harianmomentum-- Wakil Bupati (wabup) Tanggamus Samsul Hadi mendukung kebijakan pemerintah pusat, membubarkan organisasi kemasyarakatan Hizbut Tahir Indonesia (HTI).

HTI

Menurut Samsul, langkah pemerintah membubarkan HTI sudah tepat untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

”Apa yang dilakukan pemerintah itu saya rasa sudah tepat, sebab kita sudah sepakat Indonesia  bukan negara Darul Islam, tetapi negara Darussalam. Artinya negara yang damai. Saya rasa Pancasila sudah mewakili seluruh agama di negeri ini. Jadi jangan ada negara dalam negara,” kata Samsul usai membuka kegiatan Penguatan Guru Pendidikan Agama Islam, di Aula Nahdalatul Ulama (NU), Pekon (Desa) Gisting Permai, Kamis (11/5).

Menurut Samsul saat ini secara resmi  HTI memang belum memiliki kepengurusan di Kabupaten Tanggamus. Namun, ada masyarakat Tanggamus yang menjadi bagian dari HTI. Karena itu, dia mengimbau seluruh elemen masyarakat terus mempererat persatuan dan kesatuan sesuai nilai-nilai Pancasial dan Undang-Undang Dasar 1945 untuk menjaga keutuhan NKRI.

Dukungan atas pembubaran HTI juga disampaikan Ketua Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama Kabupaten Tanggamus Ustadz  Amiruddin.

"Jika HTI sudah tidak mengakui Pancasila, maka sah-sah saja pemerintah membubarkan. Namun, pembubarannya harus melalui mekanisme yang berlaku," kata Amirudin.

Menurut dia, sistem pemerintahan khilafah yang dianut HTI, jelas bertentangan dengan Undang-Undang Dasar 1945 yang menyatakan sistem pemeritahan Indonesia berbentuk presidentil berdasarkan Demokrasi Pancasila.

 "Mereka (HTI) ingin meniru zaman khalifah dahulu, kita berada di Indonesia, maka gunakan sesuai dengan peraturan yang ada,"  jelasnya.

0 komentar

Posting Komentar