Yurukyara - HadaCircle

Kamis, Mei 04, 2017

Yurukyara

Yurukyara - Istilah Bahasa Jepang “Yurukyara”

Yurukyara

Yurukyara adalah singkatan dari kata “yurui (maskot) dan kyarakuta (karakter)”. Yurukyara dijadikan sebagai simbol suatu daerah ataupun perusahaan.

Yurukyara Dulu dan Sekarang

Kata yurukyara pertama kali digunakan pada tahun 2004. Ada karakter Pipo-kun dari Kepolisian Metropolitan Tokyo (gambar yang di bawah) dan Sato-chan dari perusahaan farmasi Sato (karakter gajah yang berwarna oranye) sebagai ganti maskot manusia. Maskot-maskot ini sudah ada sejak tahun 1950 dan digunakan sebagai salah satu teknik untuk menarik kepedulian masyarakat terhadap keselamatan berlalu lintas serta untuk aktivitas-aktivitas bisnis.

Yurukyara

Yurukyara yang sekarang ini banyak yang memakai karakter lokal dalam rangka revitalisasi kota dengan mempublikasikan nama objek wisata dan penginapan di daerah setempat. Kebanyakan perusahaan yang sudah lama berdiri di suatu daerah tertentu menggunakan yurukyara secara aktif sebagai maskot perusahaan mereka.

Yurukyara

Yurukyara tidak hanya berupa manusia, melainkan juga hewan atau benda yang dapat bergerak dan memiliki sifat-sifat layaknya manusia. Karakteristik yurukyara menggambarkan arti dari kata “yurui” itu sendiri yaitu mudah bersosialisasi. Di setiap acara ditampilkan para yurukyara yang memberikan kesan lucu, baik itu untuk kalangan anak-anak maupun orang dewasa.

Pada saat pembukaan jalur kereta Shinkansen Kyushu tahun 2011 lalu terdapat karakter beruang “Kumamon” yang digunakan untuk menarik perhatian masyarakat terhadap Prefektur Kumamoto. Kumamon adalah salah satu yurukyara yang paling terkenal.

Yurukyara Grand Prix

Sejak tahun 2011, setiap tahun dilaksanakan “Yurukyara Grand Prix” (Grand Prix pertama kali adalah Kumamon). Yurukyara Grand Prix adalah kontes penentuan pemenang yurukyara Jepang dalam rangka meningkatkan pengenalan yurukyara ke seluruh wilayah Jepang yang belum banyak diketahui oleh umum.

Yang menarik perhatian orang banyak pada saat Yurukyara Grand Prix adalah para yurukyara yang punya potensi untuk jadi terkenal. Contohnya adalah Wakutama-kun dari Wakura Onsen, Prefektur Ishikawa.
Comments


EmoticonEmoticon