Rancangan Resolusi Korea Utara Targetkan Sanksi Lebih Banyak

Rancangan Resolusi Korea Utara Targetkan Sanksi Lebih Banyak - Dewan Keamanan PBB akan mengambil suara atas resolusi yang akan memasukkan orang-orang serta entitas ke dalam daftar sanksi Korea Utara, dalam upaya memutus dana bagi pengembangan nuklir dan rudal negara itu.

Dewan Keamanan PBB

AS dan Cina menyusun rancangan resolusi itu dan pada hari Kamis (01/06/2017) menawarkannya ke negara-negara anggota DK PBB termasuk Jepang. HadaCircle mendapatkan salinan rancangan tersebut.

Rancangan resolusi itu mengkritik keras peluncuran rudal Korea Utara yang berulang kali di bulan Mei, dan mengungkapkan kekhawatiran atas ekspor senjata negara itu yang membantunya mendapatkan dana bagi peluncuran rudal. Resolusi itu akan menambahkan 14 orang Korea Utara dan 4 entitas ke dalam daftar sasaran sanksi, serta mengenakan larangan perjalanan global dan pembekuan aset.

Mereka yang dilarang termasuk para pejabat tinggi intelijen dan pengembangan nuklir, serta juga perwakilan dari sebuah bank komersial yang terlibat dalam transaksi komponen rudal.