Abe & Trump Sepakat Tingkatkan Tekanan atas Korut - HadaCircle

Selasa, November 07, 2017

Abe & Trump Sepakat Tingkatkan Tekanan atas Korut

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan dirinya dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah sepakat untuk memaksimalkan tekanan atas Korea Utara dalam menghentikan pengembangan rudal dan nuklirnya.

Trump - Abe

Abe berbicara dalam sebuah konferensi pers bersama Trump setelah pertemuan puncak keduanya di Tokyo hari Senin (06/11/2017) ini. Abe mengatakan tur Asia presiden AS itu merupakan kunjungan bersejarah di tengah meningkatnya ketegangan di kawasan ini. Menurut Abe, keduanya mampu menunjukkan kepada dunia ikatan aliansi Jepang-AS yang tak tergoyahkan. Abe menambahkan keduanya menganalisis situasi terbaru mengenai Korea Utara dan sepenuhnya menyetujui langkah-langkah yang akan diambil.

Perdana Menteri Jepang tersebut menyatakan dirinya konsisten mendukung sikap Trump dengan semua pilihan masih terbuka. Abe mengatakan tidak ada yang mengharapkan perang, termasuk dirinya dan Presiden Trump. Namun, menurutnya Korea Utara telah berulang kali melakukan provokasi yang melanggar aturan internasional. Abe menekankan pentingnya menciptakan keadaan yang mendorong Pyongyang untuk membahas tentang mengubah kebijakannya. Abe juga mengatakan Jepang perlu memperluas kemampuan pertahanannya baik secara kualitas maupun kuantitas di tengah situasi keamanan genting di kawasan Asia Pasifik.

Menjawab pertanyaan dari wartawan, Abe mengatakan Jepang akan menembak jatuh rudal Korea Utara bila diperlukan. Sementara dalam bidang perdagangan, Abe mengatakan Jepang dan AS akan melanjutkan perundingan bagi kerangka kerja dialog ekonomi keduanya. Dikatakan dirinya dan Trump akan memainkan peran memimpin dalam menciptakan aturan tingkat tinggi bagi perdagangan dan investasi bukan hanya untuk kedua negara namun untuk seluruh kawasan Asia Pasifik.
Comments


EmoticonEmoticon