Kapal Induk AS Ikuti Latihan Gabungan Angkatan Laut di Pasifik Barat

Amerika Serikat akan memulai latihan angkatan laut di Pasifik Barat yang melibatkan tiga kapal induknya dengan maksud unjuk kekuatan terhadap Korea Utara.

USS Ronald Reagan
USS Ronald Reagan

USS Theodore Roosevelt
USS Theodore Roosevelt

USS Nimitz
USS Nimitz

Pejabat pemerintah AS mengatakan USS Ronald Reagan, USS Theodore Roosevelt dan USS Nimitz akan turut serta dalam latihan ini. Pelatihan tersebut juga akan diikuti oleh kapal-kapal penghancur serta kapal induk pengangkut jet-jet tempur.

Tiga kapal induk tersebut telah berada di dalam kawasan laut operasional armada ketujuh yang berbasis di Yokosuka, Jepang. Sebelumnya, USS Ronald Reagan terlihat berada di Semenanjung Korea pekan lalu. Kedua kapal induk lainnya dikatakan sedang berlayar menuju perairan Asia-Pasifik dari Guam dan Samudra Hindia.

Latihan yang melibatkan tiga kapal induk AS ini akan menjadi yang pertama di kawasan Asia Pasifik, sejak latihan sebelumnya yang diadakan di Guam pada tahun 2007. Sebuah latihan perang yang melibatkan dua kapal induk telah dilakukan di Laut Jepang Juni lalu.

AS meningkatkan tekanan militer terhadap Korea Utara karena meningkatnya kegiatan pengembangan nuklir dan rudal dari negara tersebut. Sejak bulan lalu, sebelum presiden Donald Trump melakukan lawatannya ke Asia, pasukan AS telah mengerahkan kapal selam, pesawat tempur siluman dan pengebom ke Semenanjung Korea.

0 komentar

Posting Komentar