Rakyat Zimbabwe Rayakan Pengunduran Diri Mugabe - HadaCircle

Kamis, November 23, 2017

Rakyat Zimbabwe Rayakan Pengunduran Diri Mugabe

HadaCircle

Rakyat Zimbabwe merayakan pengunduran diri Presiden Robert Mugabe yang telah berkuasa selama hampir empat dekade. Ketua parlemen Zimbabwe mengumumkan bahwa Mugabe menyerahkan surat pengunduran diri yang berlaku secepatnya pada hari Selasa (21/11/2017).

Banyak orang turun ke jalanan di ibu kota Harare, merayakan momen bersejarah tersebut. Amerika Serikat (AS) dan negara-negara Eropa telah mengirimkan ucapan selamat kepada rakyat Zimbabwe. Negara-negara itu telah bersikap kritis terhadap pemerintahan otoriter Mugabe. Dalam sebuah pernyataan, Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengatakan AS mengucapkan selamat kepada semua rakyat Zimbabwe yang telah menyuarakan opininya, serta menyatakan secara damai dan jelas bahwa perubahan seharusnya sudah sejak lama terjadi.

Mugabe menguasai negara di Afrika bagian selatan itu selama 37 tahun sejak kemerdekaannya dari Inggris. Pemimpin berusia 93 tahun tersebut menjadi tahanan rumah setelah kudeta de facto pekan lalu. Ia sebelumnya berencana untuk menyerahkan kekuasaannya kepada istrinya Grace, yang tidak disukai karena gaya hidupnya yang mewah.
Comments


EmoticonEmoticon