Resep dan Cara Membuat Oyako-don

Resep masakan Jepang, ayo masak makanan Jepang!

Oyako-don

Oyako-don

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

160 gram ayam tanpa tulang 
100 gram bawang bombay
3 butir telur

Saus
1 cangkir (200 ml) air
1 sendok makan (9 gram) gula
2 sendok makan (30 ml) kecap asin

Anda juga perlu 4 cawan nasi (ukuran mangkuk nasi standar) yang baru dimasak

Cara Memasak

- Masak nasi terlebih dahulu
- Potong-potong ayam dan bawang bombay. Buatlah potongan memanjang menjadi irisan selebar 2 cm. Letakkan setiap potongan yang memanjang menghadap ke arah Anda lalu potong-potong menjadi irisan berukuran 3 mm. Kocok 3 butir telur dalam mangkuk.

Oyako-don

- Campurkan bahan-bahan untuk saus dalam penggorengan dan masak sampai mendidih. Sebarkan irisan ayam dan bawang secara merata di atas penggorengan. Tutup penggorengan dan masak dengan api kecil selama 4 menit. Angkat tutup. Pastikan bahan-bahan tadi telah mendidih sebelum anda menuangkan telur kocok dengan gerakan memutar. Masak sampai telurnya setengah matang. Matikan api lalu tutup kembali penggorengan selama 1 sampai 2 menit dan biarkan panasnya merata.

Oyako-don

- Sediakan 4 buah mangkuk besar. Masukkan nasi panas di setiap mangkuk dan letakkan campuran ayam, telur dan saus di atasnya.

Variasi Masakan Jepang Sehari-hari

Don dalam Oyakodon atau Donburi berarti sejenis mangkuk besar.
Makanan yang disajikan dalam mangkuk seperti itu, dengan nasi dan bahan-bahan di atasnya disebut Donburimono. Ada banyak jenis masakan donburimono di Jepang. Yang paling umum, misalnya, adalah tempura-don (nasi yang diatasnya diletakkan tempura dan kecap asin) dan gyu-don (nasi yang diatasnya diletakkan daging yang telah dimasak).  Di luar Jepang jenis masakan ini tidak seterkenal sushi dan tempura, namun donburimono dikenal sebagai makanan sehari-hari bagi masyarakat Jepang. Ada banyak jaringan rumah makan di seluruh Jepang yang mengkhususkan diri pada masakan gyu-don dan oyako-don. Berbagai macam masakan donburimono model baru dengan bahan yang juga baru dan berbeda terus bermunculan. Tambahkan racikan kreasi sendiri di atas nasi untuk menghasilkan masakan donburimono orisinil ciptaan  Anda.

0 komentar

Posting Komentar