Trump dan Xi Bahas Soal Korea Utara dan Perdagangan - HadaCircle

10 November 2017

Trump dan Xi Bahas Soal Korea Utara dan Perdagangan

Trump - Xi

Presiden Cina Xi Jinping menyebut kunjungan kenegaraan Presiden AS Donald Trump sebagai hal yang bersejarah dan sukses. Dalam keterangan pers bersama, kedua pemimpin negara berbicara tentang Korea Utara dan terkait perdagangan.

Trump mendesak Xi untuk lebih mengendalikan program rudal dan nuklir Korea Utara. "Seluruh peradaban dunia harus bersatu untuk melawan ancaman Korea Utara. Kami membahas komitmen bersama untuk merampungkan denuklirisasi Korea Utara," kata Trump

Sementara Xi menegaskan sikap resmi Cina. Ia mengatakan "Kami berjanji untuk mendenuklirisasi semenanjung Korea dan menerapkan upaya yang gigih untuk mempertahankan non-proliferasi senjata nuklir global. Kami terus menerapkan sanksi PBB dengan tegas dan mencari solusi atas isu nuklir lewat dialog."

Terkait isu perdagangan, kedua pemimpin sesumbar soal kesepakatan yang ditandatangani saat kunjungan berlangsung. Xi mengatakan, "Dalam kunjungan Presiden Trump, kedua negara telah menandatangani kesepakatan investasi dan bisnis senilai lebih dari 250 miliar dolar. Selain itu, Cina mengumumkan kebijakan untuk memperluas akses di pasar berdasarkan peta jalan dan jadwal waktu sendiri." Sedangkan Trump sedikit menyinggung Cina terkait perdagangan dengan mengatakan "Menginginkan hubungan perdagangan yang bergairah dengan Cina. Serta perdagangan yang adil dan resiprokal. "

Trump akan menetap semalam lagi di Beijing sebelum melanjutkan lawatan Asia ke Vietnam pada Jumat (10/11/2017).
Comments


EmoticonEmoticon