Trump Sebut Korea Utara Sebagai Ancaman bagi Dunia

Presiden AS Donald Trump mendesak Cina dan Rusia untuk meningkatkan tekanan terhadap Korea Utara agar menghentikan program rudal dan nuklirnya. Trump tiba di Korea Selatan pada hari Selasa (07/11/2017) sebagai bagian kedua dari lawatannya ke Asia. Ia menggelar pembicaraan dengan presiden Korea Selatan Moon Jae-in di Seoul.

Trump - Moon

Pada konferensi pers gabungan seusai pembicaraan, Trump mengatakan Korea Utara mengancam jutaan jiwa di seluruh dunia. Dikatakannya bahwa Korea Utara merupakan ancaman bagi dunia dan dunia harus bertindak.

Trump mengatakan AS siap menggunakan kekuatan militer jika diperlukan guna membela negaranya dan sekutunya. Ia mengharapkan AS tidak sampai menggunakan kapabilitas militernya secara penuh. Ia mendesak Korea Utara untuk kembali ke meja perundingan yang mengarah pada denuklirisasi.

Trump menekankan bahwa AS memiliki perlengkapan militer tercanggih di dunia. Ia mengatakan Korea Selatan akan memesan persenjataan senilai miliaran dolar dari negaranya, dan hal itu akan membuka lapangan pekerjaan bagi warga AS serta mengurangi defisit perdagangan AS.

Sementara itu, presiden Korea Selatan Moon mengatakan kedua kepala negara telah sepakat bahwa isu nuklir Korea Utara akan diselesaikan secara damai dan perdamaian abadi akan berlangsung di Semenanjung Korea. Ia menambahkan bahwa kunjungan Trump akan menjadi titik balik dalam menuntaskan isu nuklir.

0 komentar

Posting Komentar