Resep dan Cara Membuat Ichigo Daifuku

Ayo Masak Makanan Jepang

Resep dan Cara Membuat Ichigo Daifuku
#AyoMasakMakananJepang

"Ichigo daifuku" adalah penganan tradisional Jepang dengan sedikit sentuhan berbeda. Terdapat stroberi di dalam "daifuku" atau pasta kacang merah azuki yang dibungkus oleh mochi putih yang lembut. Kami akan ajarkan Anda cara mudah untuk membuat "ichigo daifuku" dengan menggunakan panci kukus atau microwave oven.

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)



(Ichigo Daifuku untuk 4 potong)
4 stroberi kecil
40g anko atau pasta kacang merah azuki yang manis
(Untuk membuat "anko")
50g shiratamako, atau tepung beras ketan mochigome
(atau 50g tepung beras biasa (joshinko) )
10g gula
70g atau 70ml air
tepung kentang

Cara Memasak

1. Pertama, buat mochi. Masukkan shiratamako dan gula di dalam mangkuk dan aduk rata. Tuang setengah bagian air.
2. Aduk sambil tekan-tekan butiran shiratamako, saat sudah tercampur dan halus, masukkan air yang tersisa dan aduk rata. Tuang air ke dalam panci kukus dan didihkan. Masukkan adonan mochi yang masih ada di dalam mangkuk ke dalam kukusan.
3. Letakkan selembar kain bersih di atas kukusan sebelum ditutup. Kukus dengan api sedang selama 20 menit. Jika menggunakan microwave oven, panaskan dengan daya 600W selama 1 menit kemudian keluarkan adonan, aduk dengan spatula basah kemudian panaskan lagi selama satu menit.
4. Aduk rata mochi kemudian letakkan adonan ke atas talenan yang telah ditaburi tepung kentang. Dengan menggunakan pisau yang juga telah dibaluri tepung kentang, potong adonan menjadi empat bagian sama rata dan diamkan.



5. Bersihkan dan potong bagian daun stroberi. Tempatkan 1/4 pasta kacang merah di atas bungkus plastik dan dibentuk menjadi strip dengan lebar sekitar 2 sentimeter, lalu bungkus stroberi dengan pasta kacang merah tersebut.
6. Baluri tangan Anda dengan tepung kentang dan bentuk mochi menjadi lempengan dengan diameter 6 sentimeter. Letakkan stroberi yang sudah terbungkus pasta kacang merah di atas mochi.



7. Bungkus mochi hingga menutup semua bagian pasta kacang merah dan stroberi. Bersihkan tepung kentang yang tersisa. Ichigo daifukunya sudah jadi.

Sekilas Informasi - Orang Jepang suka stroberi

Mulai dari Januari hingga Mei, beragam jenis stroberi segar tersedia di Jepang dan diberi nama sesuai daerah atau varietasnya. Tochiotome adalah varietas populer yang dikembangkan di Provinsi Tochigi. Ada juga yang diberi nama Beni Hoppe karena terlihat seperti pipi yang merah merona. Baru-baru ini juga ada stroberi dengan warna putih yang dianggap sebagai buah mewah.

Orang Jepang disebut-sebut sebagai konsumen stroberi nomor satu di dunia. Sejak pertama kali diperkenalkan di Jepang sekitar 200 tahun lalu, para peneliti dan petani telah mengembangkan stroberi yang lebih manis. Saat ini ada lebih dari 200 varietas yang lezat yang tersedia di Jepang.

Setiap musim semi, orang-orang suka memetik sendiri di kebun-kebun stroberi. Bisa langsung dimakan atau dibawa pulang. Sejumlah hotel juga menyediakan prasmanan stroberi. Para tamu bisa menikmati berbagai macam makanan dan hidangan pencuci mulut yang dibuat dari stroberi.

0 komentar

Posting Komentar