Resep Takoyaki (Dibuat dengan Wajan) - HadaCircle

Selasa, Juni 12, 2018

Resep Takoyaki (Dibuat dengan Wajan)

Resep dan Cara Membuat Takoyaki
Resep dan Cara Membuat Takoyaki - Utsuru Cooking, Ayo Masak Makanan Jepang

Takoyaki merupakan penganan berbentuk bola-bola bundar yang dibuat dari adonan tepung terigu dan telur yang dicampur dengan kaldu dashi atau air dan ada potongan gurita di dalamnya. Takoyaki biasanya dibuat dengan cetakan khusus tapi dalam resep ini Anda bisa membuatnya dengan wajan biasa.

Bahan-bahan (untuk 4 porsi)


Resep dan Cara Membuat Takoyaki


(20 takoyaki)
100g gurita rebus
1 butir telur
150ml air
1 sendok teh shoyu
1/4 sendok teh garam
150ml (sekitar 70g) tepung terigu
4 daun bawang kecil
3 sendok makan (15g) remah-remah tempura atau agedama

(bahan untuk agedama)
2 sendok teh telur kocok
2 sendok makan air
2 sendok makan tepung terigu

1 sendok makan acar jahe merah (disesuaikan selera)
cakalang serut katsuobushi

minyak
saus tonkatsu atau saus chuno
mayones

Cara Memasak

  • Pertama, buat agedama. Aduk telur kocok, air dan tepung terigu di dalam mangkuk kecil. Panaskan minyak di wajan hingga mencapai suhu 160 derajat Celsius. Untuk memeriksa temperatur minyak di wajan, masukkan setetes adonan ke dalam wajan. Jika adonan tersebut langsung naik ke atas permukaan setelah tenggelam ke dalam dasar wajan, maka temperatur minyaknya sudah pas.
  • Tuang semua adonan sekaligus dan langsung aduk-aduk agar tercipta remah-remah. Setelah digoreng selama 3 menit, angkat dan tiriskan di atas wadah berlapis tisu dapur.

Resep dan Cara Membuat Takoyaki


  • Potong dadu gurita dengan ukuran sekitar 1cm, iris-iris tipis daun bawang dan cincang acar jahe merah menjadi ukuran sekitar 5mm. Remas katsuobushi dengan tangan Anda untuk menjadi serpihan yang lebih kecil lagi.
  • Masukkan telur kocok, shoyu, garam dan setengah bagian air ke dalam mangkuk. Tambahkan dengan tepung terigu dan aduk rata, masukkan air yang tersisa dan aduk lagi.
  • Masukkan gurita, irisan daun bawang, jahe, katsuobushi dan tiga sendok makan agedama, kemudian aduk rata.

Resep dan Cara Membuat Takoyaki

  • Saat adonannya sudah siap, panaskan wajan dengan 1 sendok teh minyak. Gunakan api kecil dan tuang satu sendok makan adonan.
  • Lipat setiap sisi adonan yang melebar ke bagian tengah agar adonan menjadi bundar. Tuang lagi satu sendok makan adonan di samping adonan sebelumnya dan lakukan proses yang sama. Tuangkan satu sendok makan adonan satu per satu. Masak selama 3 menit, lalu balik dan masak lagi selama 3 menit.
Resep dan Cara Membuat Takoyaki

  • Ketika sudah jadi, sajikan di atas piring dengan saus dan mayones di atasnya. Lalu taburi dengan katsuobushi dan takoyakinya siap disantap.

Sekilas Informasi: Budaya "Takoyaki"

Jika Anda mengintip ke dalam kios takoyaki, Anda akan melihat penjajanya membolak-balikkan lebih dari 100 bola takoyaki yang berjejeran di wajan cetakan khusus.

Takoyaki disebut-sebut berasal dari wilayah Kansai. Ada dua jenis. Pertama disebut tamago-yaki atau akashi-yaki, yang berasal dari Kota Akashi di Provinsi Hyogo. Jenis ini dibuat dari tepung terigu, telur dan kaldu dashi dengan hanya gurita di dalamnya. Dibuat dalam bentuk bola-bola, tapi disantap dengan dicelupkan ke dalam kaldu dashi. Jenis kedua dibuat dengan gurita, daun bawang dan acar jahe merah, dimakan dengan saus. Jenis ini berasal dari Osaka.

Takoyaki tersedia di seluruh Jepang sekitar 50 tahun lalu. Secara tradisi, takoyaki bukanlah masakan rumahan, tapi karena populer, maka wajan khusus pencetak takoyaki sudah menjadi barang keperluan rumah tangga. Hampir semua rumah di Kansai memiliki wajan tersebut. Orang-orang bisa berkerumun di meja dengan wajan takoyaki listrik di atasnya dan menikmati masak bersama. (Humaedi Suhada)


#resepmakananjepang
#ayomasakmakananjepang
Comments


EmoticonEmoticon