Pengumpulan Data Kecenderungan dan Perubahan Desa Curukgrendeng - HadaCircle

Minggu, Juli 01, 2018

Pengumpulan Data Kecenderungan dan Perubahan Desa Curukgrendeng

Articles on HadaCircle
Articles on HadaCircle.com



1.1.1.      Kecenderungan dan Perubahan
Kecenderungan dan perubahan merupakan perpindahan keadaan yang menunjukan pada waktu tertentu, terdapat kejadian yang berhubungan secara struktural dan membentuk sebuah keadaan baru yang memiliki hubungan antara satu dengan yang lainnya.  Selain itu juga kecenderungan dan perubahan menggambarkan perkembangan mobilitas masyarakat.
A. Tujuan  :
Data kecenderungan dan perubahan ini mewakili keadaan wilayah Desa Curugrendeng yang terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu, serta mengetahui penyebab terjadinya perubahan.  Data ini  bertujuan untuk mengetahui perkembangan jenis usaha dan pekerjaan umum masyarakat Desa Curugrendeng.  Mengkaji jenis-jenis perubahan keadaan di masyarakat yang paling menonjol atau paling berpengaruh terhadap keadaan masa kini ( manusianya, sumberdaya alamnya, keadaan ekonomi-sosial-budaya-politiknya ), serta menjadi acuan pemerintah dalam pelaksanaan program pengembangan masyarakat desa dan perumusan masalah dalam programa penyuluh pertanian.
B. Ciri   : Mengkaji suatu keadaan yang dihubungkan dengan patokan waktu, contoh, dengan patokan setiap dua tahun yaitu, 2009; 2011; 2013 dst
C. Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang digunakan penyusun untuk mengetahui kecenderungan dan perubahan desa, yaitu :
a)      Data profil desa
b)      Kertas HVS
c)      Balpoint
d)     Form pertanyaan dengan petugas desa serta tokoh masyarakat setempat
D. Langkah Kerja
Langkah kerja yang  dilaksanakan penyusun adalah sebagi berikut :
a)      Mengunjungi kantor desa atau kelurahan;
b)      Melakukan wawancara dengan prangkat desa atau sumber informasi lainnya menggunakan form pengumpulan data sebagai acuan;
c)      Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap, dilakukan wawancara  semi terstruktur dengan beberapa tokoh masyarakat, yang di anggap lebih paham dan mengerti situasi di Desa Curugrendeng. Salasatunya wawancara dengan ketua kelompok tani Sindangsari yaitu Bapak H. Muklis;
d)     Anjangsana kepada masyarakat setempat yang masih terabaikan.


E.HASIL
KECENDERUNGAN DAN PERUBAHAN DESA CURUGRENDENG

            Data kecenderungan dan perubahan Desa Curugrendeng dibuat dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan yang terjadi di Desa Curugrendeng. Pembuatannya dilakukan dengan cara wawancara semi terstruktur dengan beberapa tokoh masyarakat setempat,  juga berdasarkan data yang di peroleh dari Desa. Dalam pengkajian keadaan dihubungkan dengan waktu, tetapi berpatok. Di sini penyusun mengkaji setiap selang dua tahun, serta penentuan peringkat menggunakan sistem point dari 1-10, dimana masyarakat atau beberapa tokoh masyarakat sebagai sumber informasi dapat memberi  penilaian tehadap perkembangan jenis usaha masyarakat dan potensi Desa Curugrendeng.
Tabel 1. Bagan kecenderungan dan perubahan Desa Curugrendeng
Jenis Usaha/ Hal
Tahun
catatan
2001
2003
2005
2007
2009
2011
2013
Petani Padi
9
9
9
8
8
8
8
Lahan pertanian semakin berkurang, karena pertambahan penduduk yang semakin meningkat. selain itu juga mulai di bangun tempat wisata, serta iklim yang berubah, menyebabkan petani banyak yang beralih profesi karena kesuburan tanah berkurang. Pengangguran bertambah dan bantuan dari pemerintah masih terbatas.
Petani Palawija
2
3
3
4
6
7
7
Petani Nanas
8
8
8
7
7
7
7
Petani Hortikultura lainnya
5
5
5
5
5
5
5
Petani rumput
2
5
5
5
5
5
5
Peternakan
-
-
-
1
1
2
2
Perikanan
-
-
-
-
-
1
2
Teh Rakyat
1
1
1
1
1
1
1
Buruh Tani
6
6
7
7
7
8
8
Pegawai negeri
1
2
2
3
3
4
4
Pegawai swasta
-
2
2
3
3
3
3
Sarjana
1
1
1
2
2
2
3
Pedagang
6
6
7
7
8
8
8
Pengangguran
6
6
5
5
5
4
3
Penduduk pendatang
1
2
2
3
3
3
4
Luas lahan pertanian
10
9
8
8
7
6
6
Dinamika masyarakat
10
9
8
8
7
6
6
Pembangunan dan pariwisata
-
-
-
-
1
2
2
Kasus Kriminal
5
5
4
4
3
3
3
Kejadian alam
-
-
-
-
-
1
-
Cacat mental
1
1
1
1
1
1
1
Bantuan pemerintah
2
2
2
2
3
3
3
Sumber : Data hasil wawancara dengan beberapa Tokoh Masyarakat Desa Curugrendeng

Bagan kecenderungan dan perubahan ini merupakan bagian dari satuan identifikasi potensi wilayah.  Diperoleh dari hasil wawancara semi terstruktur dengan beberapa  tokoh masyarakat Desa Curugrendeng.
Desa Curugrendeng merupakan sebuah desa yang subur, selain itu juga jenis usaha yang digarap masyarakat Desa Curugrendeng sangatlah beragam,  dari tahun ke tahun terus mengalami perkembangan. Jenis usaha yang paling mendominasi di Desa Curugrendeng adalah bercocok tanam. Namun kini luas lahan di Desa Curugrendeng semakin berkurang, karena pertambahan penduduk yang cepat akhirnya pembangunan perumahan terus dilakukan. Hal ini membuat petani Desa Curugrendeng kesulitan untuk meningkatkan pendapatannya, akhirnya banyak petani yang beralih profesi menjadi pedagang, pegawai, ataupun buruh. Selain itu  hal ini menyebabkan meningkatnya angka pengangguran di Desa Curugrendeng. Tetapi tidak sedikit masyarakat Desa Curugrendeng yang  sudah mengerti arti pentingnya pendidikan dan sudah bergelar sarjana.
Masyarakat Desa Curugrendeng patut berbangga hati, karena Desa Curugrendeng memiliki pesona alam yang memikat dan tidak rawan bencana alam, sehingga pembuatan objek wisata di Desa Curugrendeng dapat dikelola dengan baik dan dijadikan sebagai sumber penghasilan.
Comments


EmoticonEmoticon