Menjalin Relasi di Era Digital - HadaCircle

Tuesday, November 27, 2018

Menjalin Relasi di Era Digital

Menjalin Relasi di Era Digital
Oleh Humaedi Suhada

Lomba Blog Total Hadiah 20 Juta Rupiah!
Daftar Jadi Peserta

Menjalin Relasi di Era Digital

Manusia adalah makhluk sosial oleh karena itu seseorang memerlukan orang lain untuk bisa memenuhi kebutuhan untuk bertahan hidup. Maka terbentuklah sistem dan pola komunikasi atau interaksi antar sesama manusia. Bahasa atau lisan adalah cara canggih pertama untuk berinteraksi, sampai ditemukannya tulisangunakannya tulisan. Media untuk berinteraksi dan berkomunikasi terus mengalami kemajuan dan perkembangan hingga saat ini. Saat ini manusia bahkan dapat berinteraksi melewati hambatan ruang dan waktu.

Era digital adalah era dimana banyak cara dan alat yang mendukung pekerjaan manusia menjadi lebih mudah, lebih efektif dan efisien untuk digunakan. Teknologi digital menggantikan sebagian besar teknologi yang lebih lama atau klasik. Seperti halnya komputer yang menggantikan fungsi kalkulator. dan peralatan atau perangkat-perangkat digital yang menggantikan perangka-perangkat analog dan sebagainya.

Di era Digital saat ini, dengan kemajuan teknologi dan tersedianya sarana untuk menjalin hubungan pertemanan sampai hubungan profesional, tercipta sangat banyak fitur atau layanan yang disediakan di Internet untuk digunakan secara gratis atau berbayar untuk mempermudah interaksi satu sama lain dalam suatu konteks hubungan tertentu.

Media jejaring sosial (Social media network) atau media sosial adalah salah satu contoh jenis layanan yang banyak jenisnya di Internet, sebut saja Facebook, Twitter, Instagram, dan GooglePlus yang fungsinya ialah untuk menjalin hubungan pertemanan dan untuk membangun citra diri. Akun sosila media yang kita punya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan citra diri jika dikelola dengan bai, karena akun media sosial ibarat buku track record yang bisa digunakan orang lain untuk menilai diri anda sebelu memutuskan akan menjalin relasi dengan anda.

Untuk keperluan profesional atau bisnis atau kepenting umum (non profit), sarananya juga tidak kalah banyak. Jika kita mempunyai sebuah brand, perusahaan, atau organisasi, maka sudah menjadi kewajiban untuk menjalin relasi yang berkualitas dengan khalayak. Untuk menjangkau khalayak di era digital ini menjadi lebih mudah, dengan membuat own media (media yang kita kelola sendiri) yang bisa dibangun tanpa tarif atau gratis, seperti dengan membuat dan mengelola website personal atau website untuk perusahaan, komunitas, brand, layanan, produk, dan lain sebagainya. Lalu meningkatkan impresi dengan mengintergrasikan website atau situs dengan media sosila yang kita miliki, maka bukan hal yang terlalu sulit untuk bisa menjalin hubungan yang luas dan berkualitas di era digital ini. Karena seberapa luas dan berkualitas relasi yang kita bangun sangat menentukan keberhasilan dari apa yang kita usahakan.

Sebelum berusaha untuk menjangkau khalayan luas dan membangun relasi yang baik, hal pertama yang harus dilakukan adalah meciptakan ide dan menjadikannya milik sendiri, dalam pengertian bahwa ide yang kita punya kita tuangkan ke bentuk nyata seperti produk, layanan, sebuah program atau kampanye yang memiliki keunikan atau sisi yang dominan berbeda dengan yang sudah ada. Anda harus mulai memikirkan apa yang ingin anda bentuk dan usahakan kedepannya, misalkan anda ingin membuat website personal (yang anda kelola sendiri) yang akan menjadi wadah untuk kreativitas anda, membuat website tentang tutorial desain grafis misalnya.

Setelah langkah pertama yaitu menciptakan ide "apa yang akan dikerjakan", yaitu ingin menciptakan website tentang tutorial desain grafis, langkah selanjutnya adalah membuat draft atau kerangka sederhana bagaimana dan konten apa saja nantinya yang akan mengisi website tersebut agar website tidak terkesan tidak fokus atau berisi konten yang tercampur aduk.


Selanjutnya adalah menentukan platform untuk membangun brand anda, pada tahap ini mulailah untuk membuat blog dengan domain gratis dengan blogger.com atau wordpress.com. Saya menyarankan untuk menggunakan blogger.com.

Saat membangun komunitas HadaCircle ini, saya juga memulai seperti apa yang telah saya tulis di atas dan yang akan selanjutnya saya tulis. Berawal dari membuat email untuk keperluan komunitas atau organisasi, lalu membuat blog dengan alamat hadacircle.blogspot.com, kemudian membuat sosial media dengan username @HadaCircle di semua sosial media, lalu membuat channel YouTube dan mulai mengisi konten di hadacircle.blogspot.com dan memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan impresi atau kunjungan ke blog saya tersebut.

Kemudian saya terpikir untuk menjadikan blog saya terlihat lebih profesional, dengan mendaftarkan domain yang biayanya menurut saya sangat murah, untuk domain .com misalnya, saya mendaftarkan domain hadacircle.com di penyedia domain dan hosting DomaiNesia. Harga domain hanya Rp 99.000 untuk pembelian awal dan biaya perpanjangan hanya Rp. 129.000 per tahunnya. Kemudian agar fitur website tidak membatasi kreativitas dan fungsionalitas dari konten yang kita buat, maka harus mulai dipikirkan untuk berpindah dari platform blogger untuk menggunakan hosting sendiri, yang tentunya biayanya juga sangat murah jika mendaftar di Hosting Murah DomaiNesia.

Mengapa DomaiNesia?

Sangat banyak orang ingin membuat situs atau blog dirinya yang bernilai manfaat tinggi bagi banyak orang dan ramai pengunjung, maka diperlukan Provider atau penyedia layanan yang terbaik dengan indikator:

1. Memberikan gambaran secara umum dan dasar kepada kita (sebagai awam) tentang teknologi digital untuk publikasi konten (membuat Website) seperti artikel yang saya yakin dapat membuat orang yang belum mengerti apa itu Website/Blog, bagaimana membuat dan memanfaatkannya, dll di artikel Cara Membuat Website atau Blog Professional.

2. Kemudian informasi tentang dimana membeli Domain dan Hosting.

3. Layanan pelanggan yang cepat dan ramah, sehingga sesaat setelah mendaftar akun di penyedia Domain dan Hosting, kita dapat bertanya-tanya secara Live sebelum memutuskan untuk membeli Domain dan paket Hosting yang paling pas untuk kita. Atau untuk pemula, bisa menggunakan platform blogging gratis seperti Blogger (blogspot.com) lalu hanya membeli domain dan membuat blog terlihat professional (contoh hadacircle.blogsppot.com menjadi hadacircle.com, hadacircle.net, hadacircle.id, hadacircle.org, hadacircle.co.id, hadacircle.or.id, hadacircle.store, dan sebagainya.)

4. Kualitas perangkat, sistem/server yang dapat diandalkan, seperti DomaiNesia yang memiliki server hosting dibeberapa negara dan kualitas server cepat, bandwith tinggi dengan harga terjangkau, dll.

Setelah website kita terbangun sedemikian rupa, tinggal meneguhkan hati untuk terus rutin memperbaharui konten, agar khalayak kita tidak berpikir kalau kita akan vakum untuk waktu yang lama bahkan berpikir bahwa website kita tidak akan memperbaharui artikel atau konten kembali.

Kemudian setelah selesai dengan modal awal dengan website dan sosial media yang tertata dan terusus dengan sangat teratur dan konsisten, sudah tiba saatnya untuk menjalin relasi dengan orang di kanan-kiri kita, kita bisa menawarkan kepada orang lain untuk membantu mengelola website atau sosial media kita, atau mengajak pihak lain untuk bekerjasama, seperti menjadikan kita media partner dan sebagainya.

Mempunyai website atau blog profesional menjadikan kita lebih percaya diri untuk menjalin hubungan dengan orang lain, dan juga mempermudah orang lain untuk mengetahui tentang diri kita atau tentang brand dan organisasi yang kita bangun.

Menjalin Relasi di Era Digital


#HadaCircle #DigitalLife #MadePossible #DomaiNesia

https://www.hadacircle.com/lombablog
Comments


EmoticonEmoticon